Pengantar Teknologi Sistem Informasi A T1

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

 

 



 

 

  Nama                         : Wahyu Aprian Hadiansyah

  NPM                           : 11121284

  Fakultas                     : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Jurusan                      : Sistem Informasi

Nama Dosen              : Kurniawan B.Prianto,S.KOM.SH.MM

Mata Kuliah                : Pengantar Teknologi Sistem Informasi A**


 

 

 



 

  • ·        DEFINISI KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut

Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan `artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

 

SEJARAH PENEMU PERTAMA KOMPUTER

            Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan. Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun, meninggalkan anak ; Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage (1829)

            Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.

            Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang.

            Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat.

            Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa depan, sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih besar ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama dalam perancangan ENIAC). Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah membuat sumbangan setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikus, filosof dan ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642.

            Di tahun 1671 Gottfired Wilhelm Von Leibniz, seorang filosof dan matematikus merancang mesin yang dapat menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi. Leibniz juga orang pertama yang menunjukkan arti penting "sistem binary," yaitu sistem penjumlahan dengan dua "digit" yang dalam jaman modern ini secara luas digunakan dalam mesin komputer. Dan orang Perancis lainnya, Jacquard, yang di awal abad ke-19 sudah menggunakan sistem pengisian komputer untuk mengawasi alat tenun. Alat tenun Jacquard yang laku deras secara komersial, punya pengaruh besar terhadap pemikiran Babbage. Boleh jadi mempengaruhi juga Herman Hollerith, seorang Amerika yang di penghujung abad 19 menggunakan sistem pengisian komputer untuk membuat kolom data di Biro Sensus.

 

  • ·        SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah melalui tiga gelombang perubahan (Alcaniz & Rey, 2005):

- Gelombang Pertama
    Gelombang pertama ini dikenal sebagai gelombang one computer, many people atau satu komputer, banyak pemakai. Era ini ditandai dengan digunakannya teknologi Mainframe yang mulai berkembang pada awal tahun 40-an. Teknologi ini mencapai puncak kepopuleran pada tahun 70-an sampai awal 80-an. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer, pada pertengahan 80-an, Mainframe sudah mulai ditinggalkan karena tergeser oleh teknologi mini computer dan personal computer (PC).

- Gelombang Kedua
    Era ini adalah suatu era di mana komputer sudah mulai memasyarakat. Salah satu gejala mulai memasyarakatnya komputer adalah mulai banyaknya sekolah-sekolah tinggi dan akademi komputer yang didirikan di seluruh Indonesia. Era ini dikenal dengan era one computer, one people atau satu komputer, satu pemakai yang mulai berkembang pada awal 70-an dan mencapai puncaknya pada awal 90-an sampai awal tahun 2000.

- Gelombang Ketiga
    Setelah dua dekade sejak PC mulai berkembang, teknologi komputer mulai beralih ke ubiquitous computing, di mana komputer dapat digunakan di berbagai tempat oleh siapapun yang ingin menggunakannya. Era ini dikenal juga dengan era one person, many computer atau satu pemakai, banyak komputer; suatu era di mana seorang pemakai dapat menggunakan banyak komputer untuk keperluan yang berbeda. Perubahan yang terjadi pada era ini sangat signifikan. Dalam tempo singkat, hanya dalam jangka 10 tahun, teknologi ini sudah melebihi kepopuleran PC dalam penjualan perangkatnya per tahun.


  • PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER 

GENERASI KOMPUTER


·           KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1)


    Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua,negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer.Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.Pada tahun 1941,Konrad Zuse,seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3,untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer.Pada Tahun 1943,pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode Rahasia yang dinamakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.Dampak pembuatan Colossus ini tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.Pertama,colossus bukan merupakan komputer serbaguna general-purpose computer),ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia.Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,atau Mark I,merupakan komputer relai elektronik.Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik.Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan Aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC),yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum,70.000 resistor,dan 5 juta titik solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan tahun 1940-an,John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU),yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.Pada Tahun 1951,UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

·         KOMPUTER GENERASI KEDUA (2)

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956.Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.IBM membuat superkomputer bernama Stretch,dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom,dapat menangani sejumlah besar data,sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence RadiationLabs di Livermore,California,dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis,di Universitas,dan di pemerintahan.Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini: printer,penyimpanan dalam disket,memory,sistem operasi,dan program.Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.Dengan konsep ini,komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,kalimat,dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,analyst,dan ahli sistem komputer).Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.


·         KOMPUTER GENERASI KETIGA (3)

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby,seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

·         KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (4)

Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,efisiensi dan juga kehandalan komputer.Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori,dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil.Sebelumnya,IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang,sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian,setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,televisi,dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.


    Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.Pada pertengahan tahun 1970-an,perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini,yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah.Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982.Sepuluh tahun kemudian,65 juta PC digunakan.Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) mejadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon,dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung,yang disebut juga Local Area Network (LAN),atau kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.


·         KOMPUTER GENERASI KELIMA (5)

Mendefinisikan komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.Fasilitas ini tampak sederhana.Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

    Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel,yang akan menggantikan model von Neumann.Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa  informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.


·         KOMPUTER GENERASI KE ENAM ( Masa Depan KE-6)

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

 

Dikutip dari      :

Ø  https://makalah-update.blogspot.com/2012/11/makalah-sejarah-perkembangan-komputer.html?m=1

 


  • Teknologi Komputer dan Pemanfaatannya di Berbagai Bidang

 

Saat ini perkembangan teknologi menjadi hal yang tidak dapat dibendung. Setiap aspek dalam kehidupan manusia telah menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Peran teknologi juga sangat penting sehingga manusia tidak dapat terlepas dari teknologi.

 

Apa itu Teknologi Komputer?

Mendengar kata Komputer, tentunya sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu "computare" yang artinya menghitung. Secara sederhana, komputer dapat diartikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan perintah yang diinputkan kemudian akan diproses oleh komputer sehingga menghasilkan informasi.

 

Sementara Teknologi merupakan semua sarana yang dapat digunakan untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia. Pada awalnya, pemanfaatan teknologi dimulai dengan melakukan perubahan terhadap sumber daya alam menjadi alat sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup. Teknologi telah memberikan peranan yang besar pada ekonomi global. Jadi, komputer merupakan salah satu teknologi karena dapat digunakan untuk mendukung keberlangsungan hidup.

 

Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Peran dari teknologi komputer memang sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Dari awal dikembangkan hingga sekarang, tentu banyak sekali manfaat dari komputer yang dapat mempermudah aktivitas manusia. Beberapa manfaat dari komputer diantaranya:

 

·         Sebagai Alat Komunikasi

Dengan perangkat komputer, manusia dapat berkomunikasi dengan mudah melalui komunikasi jarak jauh. Terdapat beberapa pilihan komunikasi yang dapat dilakukan diantaranya Skype, Email, dan lainnya. Bahkan sekarang, dengan aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp, kita sudah bisa bertatap muka secara virtual.

 

·         Sebagai Sarana untuk Mendapatkan Informasi

Teknologi komputer yang terhubung dengan internet, membuat akses informasi tanpa ada batas. Berbagai informasi dapat diperoleh mulai dari berita, hiburan, pendidikan, dan informasi lainnya.

 

·         Sebagai Sarana untuk Efisiensi Kerja

Tentunya pemanfaatan komputer sangat dimaksimalkan di dunia kerja. Dengan adanya komputer, maka pengolahan data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selalin itu, pertukaran informasi, berbagi dokumen dan komunikasi antar divisi akan lebih mudah dengan komputer.

 

·         Sebagai Sarana Pendidikan

Pada pendidikan, komputer sangat penting apalagi untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar secara daring. Penggunaan komputer dapat mempermudah dalam berinteraksi dan melaksanakan kegiatan belajar dengan e-learning ataupun virtual meeting.

 

·         Sebagai Media untuk Berbisnis

Berbisnis dengan menggunakan komputer tentu mencakup berbagai bidang. Mulai dari developer, programmer, hingga marketer akan menggunakan komputer untuk dapat berkarya. Pengembang program tentu akan menggunakan perangkat komputer untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk bahasa pemrograman. Selain itu, berbisnis dengan memanfaatkan marketplacepun membutuhkan komputer.

 

Dikutip dari :

Ø  https://www.google.co.id/amp/s/www.kompasiana.com/amp/ekarahmawati2838/6018b1c1d541df2c5f217122/teknologi-komputer-dan-pemanfaatannya-di-berbagai-bidang

 


  • PEMBAGIAN KOMPUTER BERDASARKAN CARA KERJA, TUJUAN, DAN KAPASITAS

 

JENIS KOMPUTER

 

1.   PC atau Personal Computer

    Sesuai dengan namanya personal computer, maka PC adalah computer yang ditujukan untuk pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, computer dahulunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh perusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diproduki oleh MITS pada tahun 1975.

 

2.   Komputer Desktop

    yaitu computer yang dirancang untuk tidak dapat dipindahkan-pindahkan, atau khusus dirancang untuk diletakkan disuatu tempat seperti  diatas meja kerja.

 

3.   Laptop

    Dahulu istilah laptop berbeda dengan Notebook ditinjau dari segi ukuran, namun sekarang laptop atau notebook mengacu ke maksud yang sama, yaitu computer portable (mudah dibawa-bawa) yang terintegrasi langsung dengan monitor, keybord, mouse pad/trackball, processor, hardisk, memory dan peripheral lainnya dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kemampunya bahkan melebihi computer desktop maupun PC.

 

4.   PDA, Personal Digital Assistants

    PDA adalah computer canggih yang menggunakan flashmemory sebagai pengganti media penyimpanan. PDA tidak memiliki keybord, namun menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) sebagai media input.

 

5.   Komputer Workstation

    Workstation sebenernya adalah computer desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan kemampuannya dalam manjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan prforma tinggi, seperti aplikasi 3 dimensi, grafik, multimedia dan lain sebagainya.

 

6.   Komputer Server

    Server adalah computer diperuntukan untuk menyediakan layanan terhadap computer lainnya (client) dalam sebuah jaringan. Computer server memiliki prosesor yang powerfull, memory yang besar dan kapasitas hardisk yang lebih besar.

 

7.   Komputer Mainframe

    Adalah computer dengan ukuran besar yang mampu melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan, bahkan lebih dan kelebihan lainnya.

 

8.   Wearable Computer

    Wearable Computer adalah perkembangan terbaru dalam bidang computer, yaitu perangkat computer menyatu seperti layaknya pakaian saja. Aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia, kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk lainnya.


  • PEMBAGIAN KOMPUTER BERDASARKAN CARA KERJA, TUJUAN, DAN KAPASITAS

1.   Berdasarkan cara kerja  :

Komputer Analog : adalah computer yang bekerja secara parallel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya kontinyu, data berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angina arus listrik gelombang suara, dll.

Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer

Komputer Digital  : Adalah computer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam computer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (Kuantitatif).

Contoh: Calculator, Apple lle, IBM PC

Komputer Hibrid  : adalah computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Computer ini merupakan gabungan antara computer analog dan computer digital. Contoh dari computer jenis ini adalah computer yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.

 

2.   Berdasarkan tujuan  :

      General Purpose computer digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik maslah bisnis maupun yang lainnya.

      Special Purpose computer adalah computer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus.

 

3.   Berdasarkan kapasitas

          Komputer Mikro (Micro Computer) : sebuah kelas computer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya.Ketika computer mikro pertama kali muncul kepasaran, computer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit,8-bit, atau 16-bit. Perkembangan lebih lanjut computer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit.

 

    Komputer Mini (Mini Computer): Kelas computer multi-user yang dalam spectrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas computer mainframe dan system computer single-user seperti computer pribadi. Istilah-istilah seperti computer menengah IBM (Midrange System), stasiun kerja (Workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.

 

Komputer Kecil (Small Computer)

Komputer Menengah (Medium Computer)

Komputer Besar (Large Computer)

Komputer Super (Super Computer)

 

Dikutip dari      :

Ø  http://masterj1.blogspot.com/2015/09/gunadarma-jenis-komputer-1.html?m=1

 

 

  • PEMAHAMAN ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER

 

1.      HARDWARE

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer adalah serangkaian peralatan elektronik yang tergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.

 

Seperangkat alat-alat elektronik ini adalah berupa mesin-mesin/komponen- komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan- peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan 'COMPUTER HARD-WERE'.

 

Dari uraian diatas maka Hardware dapat didefinisikan sebagai  istilah  umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan dengan komputer.

 

Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer  haruslah terdiri minimal oleh  4 komponen yaitu:

-                     Input device

-                     Storage unit

-                     CPU (Central Processing Unit)

-                     Output device

 

 

    Akhir-akhir ini kemajuan teknologi  yang terus  berkembang  dan  kebutuhan  orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal kecepatan  penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat pula.

 

    Alat ini kita sebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.

Dengan adanya alat ini maka umumnya komputer-komputer  sekarang  inipun selalu melengkapi alat ini sebagai kesatuan sistem komputernya.

Jadi komponen yang membentuk suatu  sistem komputer  sekarang  inipun menjadi 5 komponen yaitu:

 

-                     Input device

-                     Storage Unit

-                     CPU

-                     Output

-                     CCU (Communication Control Unit)

 

KONFIGURASI SYSTEM KOMPUTER

 

Seperti telah disebutkan di atas, ke 5 komponen atau peralatan itulah yang merupakan konfigurasi dari sitem komputer.

 

Konfigurasi sistem komputer tersebut kita bisa gambarkan sebagai berikut:

 

 




 

Keterangan

Data/perintah akan masuk melalui peralatan input (input device). Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolahan CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil- hasil pengolahaan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui media

output (Output Device) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.

Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit.

 

2.      SOFTWARE


Software adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua macam program yang bisa digunakan pada sistem komputer bersama dengan dokumentasinya yang tergabung.

 

Software adalah komponen dalam data processing system  yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk  mengontrol  sistem.  Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efesien antara manusia dan mesin komputer.

 

Fungsi komputer antara lain :

·         Mengidentifikasi program

·         Menyiapkan     aplikasi      program     sehingga      tata     kerja     seluruh     peralatan komkputer terkontrol.

·         Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efesien.

 

Yang termasuk software adalah :


·         Bahasa pemprograman dan kompilator

 

Bahasa       pemprograman       adalah      bahasa-bahasa        yang        dipakai       oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program).

 

Misalnya : ASSEMBLER : suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin (Machine Oriented Language).

 

Kompilator adalah translator untuk mengubah program dalam bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN, COBOL , dsb, ke dalam bahasa tingkat rendah ataupun bahasa rakitan.

 

·         Routines (user program)

Yaitu program yang dibuat oleh Program dalam bahasa program untuk suatu aplikasi tertentu dan dipakai berulang-ulang. Contohnya ; PAYROLL, INVENTORY CONTROL, dsb.

 

·         Application package (package programs)

Adalah program-program yang dibuat oleh perusahaan komputer untuk User yang beroperasi dalam bidang-bidang umum,  misalnya  penerbangan, asuransi, komunikasi, pembangunan  gedung, toko-toko pedagang eceran, dsb.

 

·         Input/Output control system

Input/output control system adalah  routines  yang  standard  untuk mempercepat operasi Input/Output.

 

·         Sistem operasi

Adalah routines yang standard untuk mempercepat operasi Input/Output.

  

3.      BRAINWARE

 

    Orang yang melakukan pendeskripsian semua elemen elektronik dan mekanik  dari komputer (hardware),adalah segala kegiatan manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Orang melakukan kegiatan ini karena  sistem merupakan cara/proses untuk memasukkan data kedalam komputer, hasil akhir, Misalnya : ASSEMBLER : suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin (Machine Oriented Language).

 

Kompilator adalah translator untuk mengubah program dalam bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN, COBOL , dsb, ke dalam bahasa tingkat rendah ataupun bahasa rakitan.

 

·         Routines (user program)

Yaitu program yang dibuat oleh Program dalam bahasa program untuk suatu aplikasi tertentu dan dipakai berulang-ulang. Contohnya ; PAYROLL, INVENTORY CONTROL, dsb.

 

·         Application package (package programs)

Adalah program-program yang dibuat oleh perusahaan komputer untuk User yang beroperasi dalam bidang-bidang umum,  misalnya  penerbangan, asuransi, komunikasi, pembangunan  gedung, toko-toko pedagang eceran, dsb.

 

·         Input/Output control system

Input/output control system adalah  routines  yang  standard  untuk mempercepat operasi Input/Output.

 

·         Sistem operasi

Adalah routines yang standard untuk mempercepat operasi Input/Output.


4.      BRAINWARE

 

Orang yang melakukan pendeskripsian semua elemen elektronik dan mekanik  dari komputer (hardware),adalah segala kegiatan manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Orang melakukan kegiatan ini karena  sistem merupakan cara/proses untuk memasukkan data kedalam komputer, hasil akhir,


atau jawaban tambahan dari beberapa cara yang lain. Bagian ini menjelaskan tugas-tugas yang terbaik kepada orang-orang  atas sistem informasi dan bagaimana cara penampilan tugas-tugas yang berhubungan dengan sistem informasi itu sendiri.

 

  •  PEMAHAMAN KOMPONEN HARDWARE

                                         

    Perangkat keras (hardware) sebagai sub sistem dari sistem komputer juga mempunyai komponen , yaitu komponen alat masukan (input device), komponen alat pemrosesan (processing device) dan komonen alat simpanan luar (storage).

 

1.      Input

Input terutama dijalankan dengan cara mengetikkan data keyboard, yang ini seperti mengetik dengan mesin ketik. Mouse  juga digunakan untuk input. Kebanyakan komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti percakapan atau dokumen tertulis. Oleh karenanya, kita perlu mempresentasikan data ke komputer dengan suatu cara yang bisa memberikan konversi yang mudah  ke bentuk elektronik yang  didasarkan  pulsanya sendiri. Hal ini biasanya dicapai dengan mengetikkan data ke dalam peralatan keyboard yang mengubahnya  menjadi   bentuk  machine-sensible (yang bisa dirasa mesin). Perangkat keyboard hanyalah salah satu dari  jenis input device (perangkat input). Dalam beberapa kasus, dokumen atau media yang bisa dibaca mesin dihasilkan sebagai bagian dari proses input. Data akhirnya akan masuk ke Storage (penyimpanan).

 

2.       Proses

Pemerosesan dilakukan oleh mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya dengan main memory, sebab  ia merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga ditempatkan pada papan sirkut elektronik. Pada sebagian besar komputer yang lebih besar, pemerosesan

dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai pengganti mikroprosesor tunggal. Komputer yang pemerosesannya dilakukan oleh mikroprosesor disebut mikrokomputer. Intruksi dipatuhi dan operasi aritmetik yang diperlukan, dan sebagainya, dilakukan pada data. Bagian yang mengerjakan hal ini disebut Arithmetic-Logical Unit (ALU). Selain menjalankan operasi aritmetik ia juga menjalankan operasi "logis". Operasi-operasi ini berjalan pada keceptan yang sangat tinggi, misalnya 10 juta angka bisa ditotal dalam waktu satu detik.

 

3.      Kontrol

Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang menjemput instruksi  dari penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu, dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua operasi hadware yang diperlukan untuk mematuhi

instruksi itu.

 

 

4.      Penyimpanan

Penyimpanan (storage). Data dan instruksi memasuki main  storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil tindakan tersebut akan disangga sampai ia diperlukan untuk output. Penyimpanan utama dilengkapi dengan auxiliary storage (penyimpanan  tambahan)  yang  lebih murah, yang juga disebut backing storage (penyimpanan cadangan), (misalnya, hard disk (1.9b) untuk tujuan penyimpanan massal. Penyimpanan cadangan berperan penting dalam menyangga "maintained data" (data yang dipelihara), yakni data yang disangga oleh komputer, sehingga ia bisa memberikan informasi kepada pemakai apabila diperlukan.

 

5.      Output

Output mempunyai dua bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan laser printer atau bisa ditampilkan pada layar monitor. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukkan ke output


device (perangkat output). Perangkat ini  bisa berupa  printer, dimana dalam hal ini informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tecetak (printed  form) yang disebut hard copy, atau mungkin data tersebut ditampilkan pada layar

monitor yang sama seperti layar pada set televisi.

 

 

Dikutip dari      :

Ø  http://rezaaditya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/40102/Elemen+Dasar+Sistem+Komputer.pdf

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Teknologi Sistem Informasi A** T3

Pengantar Teknologi Sistem Informasi A** T4