Pengantar Teknologi Sistem Informasi A** T4

 UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

 

 



 

 

  Nama                         : Wahyu Aprian Hadiansyah

  NPM                           : 11121284

  Fakultas                     : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Jurusan                      : Sistem Informasi

Nama Dosen              : Kurniawan B.Prianto,S.KOM.SH.MM

Mata Kuliah                : Pengantar Teknologi Sistem Informasi A**


A.    Arsitektur Sistem Komputer

 

1.    Pengertian

Arsitektur komputer bisa diartikan sebagai sebuah konsep perencanaan dan struktur operasi dasar yang ada di dalam sistem komputer. Namun istilah tersebut juga bisa berarti sekumpulan komponen perangkat keras komputer yang saling terhubung agar sebuah perangkat komputer dapat bekerja sesuai fungsinya. Dalam hal bidang teknik komputer, arsitektur komputer memiliki arti suatu ilmu yang bertujuan untuk merancang sebuah sistem komputer. Arsitektur von Neumann atau mesin von Neumann adalah arsitektur yang dibuat oleh John Von Neumann “1903-1957”, hampir semua komputer saat ini memakai arsitektur von Neumann.

2.    Fungsi Arsitektur Komputer

a. Sebagai Perencanaan Awal Sebuah Komputer

b. Memungkinkan Penambahan Prosesor Jika Diperlukan

c. Menambah Jumlah Pengguna

d. Mengontrol Jalannya Komponen Komputer

e. Memberikan Gambaran Aplikasi atau Program

f. Memungkinkan Komputer untuk Menjadi Multitasking

 

 

3.    Sub-Kategori Arsitektur Komputer

  •    Set intruksi “ISA”
  • Arsitektur mikro dari ISA
  • Sistem desain dari semua komponen dalam perangkat keras “hardware” komputer ini

4.    Jenis-Jenis Arsitektur Komputer

 a. Komputer SISD

b. Komputer SIMD

c. Komputer MISD

d. Komputer MIMD

 5.    Klasifikasi Arsitektur Komputer Kriteria Mesin Von Neumann :

  • Memiliki subsistem hardware dasar yakni sebuah CPU, sebuah memori dan juga sebuah I/O system
  • Adalah stored-program computer
  •   Mengoperasikan instruksi dengan cara berdan Curutan
  • Memiliki jalur (path) bus antara memori PU

 Menurut Flyyn di tahun 1966, mengklasifikasikan arsitektur komputer dari sifatnya adalah:

  1. Jumlah prosesor
  2. Jumlah program yang bisa dioperasikan
  3. Struktur memori

6.    Faktor yang menjadi pengaruh keberhasilan arsitektur komputer, antara lain 

  • Manfaat Arsitektural
  • Kinerja Sistem
  • Biaya Sistem

7.    Ada Empat ukuran pokok yang menjadi penentu keberhasilan arsitektur, yakni manfaat arsitekturalnya yakni :

a.       Aplicability

b.      Maleability

c.       Expandibility

d.      Comptible


B.     Pengantar Central Processing Unit (CPU), Unit Pengolahan dan Arithmatical Logical Unit (ALU) 

1.      Pengertian CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. processor. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah computer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.

 

CPU memiliki berbagai macam komponen didalamnya, diantaranya sebagai berikut :

 

a.       Unit Kontrol

Unit kontrol merupakan bagian dari prosesor yang mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. Salah satu tugas dari unit kontrol adalah mengambil intruksiintruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. operasinya. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian unit kontrol dapat mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsifungsinya.

b.      Register

Unit kontrol merupakan bagian dari prosesor yang mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. Salah satu tugas dari unit kontrol adalah mengambil intruksiintruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. operasinya. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian unit kontrol dapat mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi fungsinya. 

c.       Aritmathic Logic

Aritmathic Logic Unit atau dapat disingkat dengan ALU merupakan bagian dari CPU yang memiliki tugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut juga sebagai mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

2.      Fungsi dari CPU

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras. CPU hampir sama seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kompleks dalam melakukan pemrosesan dari intruksi-intruksi yang diberikan. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM, setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih.

C.     Operasi Pada ALU

ALU merupakan suatu kesatuan alat yang terdiri dari berbagai komponen perangkat elektronika termasuk di dalamnya sekelompok transistor, yang dikenal dengan nama logic gate, dimana logic gate ini berfungsi untuk melaksanakan perintah dasar matematika dan operasi logika. Kumpulan susunan dari logic gate inilah yang dapat melakukan perintah perhitungan matematika yang lebih komplit seperti perintah “add” untuk menambahkan bilangan, atau “devide” atau pembagian dari suatu bilangan.

 

Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :

  • Sama dengan (=)
  • Tidak sama dengan (<>)
  • Kurang dari (<)
  • Kurang atau sama dengan dari (<=)
  • Lebih besar dari (>)
  • Lebih besar atau sama dengan dari (>=)
  •  

D.    Jenis-Jenis Prosesor

1.    Processor Intel



Processor jenis ini memang sangat digandrungi oleh masyarakat. Processor yang dikembangkan oleh Intel Corporation ini mempunyai kemampuan tahan terhadap panas. Selain itu Processor yang dibuat pada tahun 1968 ini mempunyai turbo bost yang berguna untuk meningkatkan performa dan kecepatan. Seperti pada jenis Core I3, I5, I7, dan I9.

 

2.    Processor AMD

AMD atau Advanced Micro Device merupakan processor pesaing Intel. Processor ini sering digunakan dalam komputer game karena mempunyai kecepatan yang lebih baik. Akan tetapi processor jenis ini lebih boros listrik dibandingkan dengan processor Intel sehingga menjadi lebih cepat panas.

 

3.    Processor ARM

Processor ARM mungkin jarang sekali kita jumpai di Indonesia, karena memang perangkat ini digunakan pada Handphone, Music Player dan perangkat Router.

 

4.    Processor CYRIX


Processor jenis ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1988. Processor ini tidak banyak diminati oleh masyarakat karena kwalitas dibawah Intel dan AMD. Akan tetapi CYRIX mempunyai kecepatan yang optimal dan tahan terhadap panas.

 

5.    Processor TRANSMETA

              


Processor ini sebenarnya mempunyai kemampuan yang sangat baik karena hanya membutuhkan daya yang relatif sedikit dengan harga yang lebih murah. Selain itu Processor yang diproduksi tahun 1995 ini juga tahan terhdap panas.

 

6.    Processor VIA


Processor ini pertama kali diproduksi pada tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Dan lebih difokuskan untuk menjalankan perangkat yang lebih ringan dan relative kecil.

 

7.    Processor CENTAUR


Processor yang dikembangkan oleh Glen Henry dkk ini masih kalah kemampuannya dengan processor jenis VIA. Processor CenTaur dibuat pada tahun 1995.

 

8.    Processor Apple M1



Apple M1 merupakan sistem dalam keping (system on a chip; SoC) berbasis ARM pertama buatan Apple Inc. sebagai unit pemroses sentral (CPU) untuk komputer Macintosh. Keping ini dirilis untuk MacBook Air (M1, 2020), Mac mini (M1, 2020), dan MacBook Pro (13 inci, M1, 2020).

 

9.    Processor untuk iPhone



iPhone menggunakan prosesor buatan sendiri dan bukan dari pabrikan lain, untuk generasi terbarunya iPhone menggunakan prosesor Apple A15 bionic.

 

10.    Processor Snapdragon


Snapdragon adalah seperangkat system on a chip (SOC) yang biasa digunakan oleh perangkat mobile dan dipasarkan oleh Qualcomm yang memiliki banyak fungsi. Fungsinya banyak karena Snapdragon merupakan sebuah sistem yang saling terkoneksi (System on Chip).

 

11.    Processor Mediatek



MediaTek sendiri merupakan perusahaan manufaktur berasal dari Taiwan dengan berbagai produk semikonduktor termasuk prosesor untuk smartphone berbasis Android yaitu Helio MediaTek. Helio MediaTek sendiri memiliki banyak seri seperti Helio A series, G series, P series, hingga X series


12.   Processor Exynos


Exynos adalah nama chipset yang dikembangkan langsung oleh Samsung. Chipset ini merupakan chipset yang berbasis ARM dan merupakan chipset yang banyak digunakan oleh ponsel yang diproduksi sendiri oleh Samsung.

 

E.     Komunikasi dan Jaringan Komputer

Komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau lebih komputer atau perangkat saling bertukar data, instruksi dan informasi.

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari komputer-komputer atau peralatanperalatan yang terhubung bersama dalam sebuah perangkat komunikasi dan media transmisi.

1.    Komunikasi Digital dan Komunikasi Analog

Sinyal analog adalah pancaran gelombang listrik berkesinambungan sedangkan sinyal digital terdiri dari getaran listrik individual yang merepresentasikan grup-grup bit yang disatukan membentuk byte.


Komputer hanya memproses data dalam bentuk digital, sebuah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya, alat ini disebut dengan modem

2.    Sejarah Jaringan Komputer 

Pada tahun 1940 seorang bernama George Sirbitz mengirimkan pesan instruksi komputer antar kota  menggunakan  mesin  teletype.  Konsep  inilah  yang  diteruskan  oleh  ARPA ( Advanced Research Project Agency ), sebuah agen riset khusus di Amerika Serikat. Hingga pada akhirnya ARPA membangun sebuah prototype jaringan bernama “Intergalactic Network” yang menjadi pelopor dari ARPANet. Konsep jaringan semakin berkembang, pada era tahun 1960-1965 pengembangan jaringan ditandai dengan menggunakan konse pengiriman paket-paket data (packet switched ) antara komputer- komputer didalam jaringan dan terbentuknya jaringan jarak lebar (WAN-Wide Area Network) untuk pertama kali.


3.    Klasifikasi Jaringan Komputer

a.  LAN ( Local Area Network



Adalah sebuah jariangan yang menghubungkan komputer-komputer atau perangkat perangkat dalam sebuah area terbatas seperti rumah, kantor, laboratorium, atau gedung gedung yang berdekatan. Masing-masing komputer atau perangkat didalam jaringan LAN disebut dengan node.

Dalam jaringan LAN biasanya ditemukan kabel UTP, Hub, Switch, maupun Router. Contoh dari jaringan ini adalah komputer-komputer di sekolah, perusahaan, atau warung internet. Jaringan pada area yang terbatas tersebut biasanya merupakan jaringan LAN.

Sebagai jaringan dengan area lokal, LAN mempunyai beberapa karakteristik yang mudah untuk diidentifikasi. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

§  Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.

§  Jaringan LAN biasanya digunakan untuk kepentingan pribadi.

§  Administrasi pada jaringan LAN dilakukan melalui administrasi lokal.

§  Di dalam jaringan LAN biasanya terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server yang bertugas untuk mengatur sistem agar berjalan normal.

 Fungsi LAN

Jaringan lan memiliki beberapa fungsi dan keguanaan tertentu. Berikut ini adalah fungsi dari jaringan Lan.

1. Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Jaringan lan digunakan untuk menghubungan 2 komputer atau lebih baik secara langsung ataupun media perantara. 2 komputer dapat dihubungkan langsung menggunakan kabel UTP yang tersambung di kedua komputer.

Sementara untuk menggabungkan banyak komputer, kita membutuhkan perangkat lain seperti misalnya Switch ataujuga Hub.

2. Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lainnya

Dengan menggunakan jaringan Lan, kita tidak perlu bolak balik memasukan flash disk dari komputer 1 ke komputer lainnya. Dengan Lan kita dapat melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer.

3. Sharing Printer

Selain berbagi data, jaringan LAN juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi printer. Hal ini akan memudahkan seluruh pengguna dan menghemat biaya.

Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan membagi driverprinter yang ada di Control Panel. Setelah dibagikan (ke seluruh pengguna), printer dapat dipakai secara bersama-sama tanpa harus memindahkan komputer maupun printer.

Perihal fungsi ini mungkin kita sering melihatnya di warnet, sewa komputer dan print-an. Begitu file siap, kita dapat mencetak file sesuai pilihan printer yang tersedia.

4. LAN Chatting

Jaringan LAN dapat pula dipakai untuk mengirim pesan antar komputer pada area LAN. Aktivitas ini bahkan dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet meskipun nantinya jaringan LAN akan tetap terlihat online.

Untuk menjalankan LAN Chatting, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti winchat.exe atau menggunakan perangkat lunak LAN Chatting lainnya.

5. Remote Komputer

Melakukan aktivitas remote pada suatu komputer dapat menggunakan perangkat lunak seperti TeamViewer. Akan tetapi, perangkat lunak tersebut hanya dapat bekerja ketika komputer tersambung ke internet.

Dalam jaringan LAN, Anda dapat melakukan remote tanpa harus terkoneksi ke internet. Anda dapat memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection yang sudah disediakan Microsoft. Anda pun dapat mengontrol komputer di dalam jaringan LAN. 

Kelebihan LAN

§  Karena jangkauannya yang hanya mencakup area kecil, LAN tidak akan menguras terlalu banyak biaya. Selain itu, kabel yang digunakan pun tidak terlalu panjang. Ini akan lebih menghemat biaya.

§  Melalui LAN, koneksi transfer data antar node akan berlangsung dengan cepat.

§  Jaringan LAN tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan.

Kekurangan LAN

§  Luas wilayah koneksi terbatas. Hal ini karena LAN hanya mencakup area lokal saja. 

b.  MAN ( Metropolitan Area Network )



Adalah koneksi jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan lokal didalam sebuah area kota metropolitan dan didalam MAN biasanya terdapat satu atau lebih LAN.

Jaringan MAN cocok dipakai untuk membangun jaringan antar perkantoran atau instansi yang masih dalam satu kota. Biasanya MAN dipakai untuk menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.

MAN digunakan karena kecepatan transfer data yang dinilai tinggi dan proses instalasi yang tidak terlalu rumit. Di dalam MAN, dibutuhkan operator telekomunikasi yang akan menjadi penghubung antar jaringan komputer.

MAN sendiri mempunyai karakteristik sebagai berikut:

§  Meliputi area yang lebih luas dari LAN, yakni 10 sampai 50 km.

§  Sebuah MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menyediakan pelayanan kepada pengguna.

§  MAN bertindak sebagai jaringan berkecepatan tinggi sehingga memungkinkan untuk berbagi sumber daya daerah. Hal ini pun sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama.

§  Sekalipun MAN lebih besar dari LAN, teknologi yang dipakai biasanya sama dengan LAN.

§  MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output

Fungsi MAN

Jaringan MAN mempunyai fungsi untuk memenuhi kebutuhan internet pada sebuah perusahaan. MAN akan mempermudah pembagian dan penerimaan data maupun informasi. Terlebih lagi pemusatan data pada MAN akan lebih mudah dilakukan.

Melalui jaringan MAN, sebuah perusahaan dapat melakukan kegiatan bertukar informasi baik melalui Video Conference, Email, maupun chat yang dilakukan secara real time dengan memakai bandwith lokal.

Kelebihan dan Kekurangan MAN

Jaringan man mempunyai plus minus tersendiri. Berlkut ini adalah kelebihan dan kekurangan jaringan Metropolitan Area Network atau MAN.

Kelebihan MAN

§  MAN mempunyai area jangkauan yang lebih luas dibandingkan LAN. Hal ini karena MAN dapat mencakup lingkup satu kota. Hal ini membuat komunikasi dengan jaringan MAN menjadi lebih efisien.

§  Jaringan MAN dipakai untuk mempermudah urusan bisnis. Keamanan berkomunikasi dengan jaringan MAN pun juga dinilai lebih terjaga.

§  Memiliki kecepatan transfer data yang tinggi.

Kekurangan MAN

§  Jaringan MAN sangat mungkin untuk sirsak oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi atau tujuan lainnya.

§  Apabila terjadi kerusakan pada jaringan MAN, waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya akan cukup lama.

c.  WAN ( Wide Area Network )



Adalah sebuah jaringan yang menaungi area geografis yang luas (seperti kota, negara maupun seluruh dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggunakan banyak kombinasi jenis media seperti jalur telpon, kabel maupun gelombang radio.

 Membangun jaringan WAN membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga menggunakan satelit. Oleh karena jangkauannya yang luas, membuat WAN memerlukan biaya yang sangat besar.

WAN mempunyai transmisi kecepatan mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih. Faktor yang menjadi pengaruh design dan performa jaringan ini ada pada siklus komunikasi semacam jaringan telepon atau satelit.

Jaringan WAN mempunyai karakteristik tersendiri, yaitu sebagai berikut:

§  Umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN maupun MAN. Hal ini membuat WAN dapat digunakan secara luas.

§  Area jangkauan WAN sangat luas. Oleh karena itu, biasanya dalam WAN akan melibatkan operator telekomunikasi. Tujuannya adalah agar perangkat-perangkat dalam jaringan WAN dapat melakukan komunikasi satu sama lain.

§  Jaringan WAN dapat melakukan pertukaran paket data atau frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.

§  Jaringan WAN ini bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

Fungsi WAN

Sebagai jaringan komputer yang melebihi LAN dan MAN, WAN mempunyai fungsi yang cukup mentereng. Berikut adalah fungsi dari jaringan WAN.

1. Membuat Arus Komunikasi Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

WAN merupakan jaringan yang mencakup area yang sangat luas dan mempunyai kecepatan yang mumpuni sekalipun digunakan pada wilayah yang berbeda. Dengan WAN, komunikasi dua instansi yang beda wilayah dapat berlangsung mudah dan cepat.

2. Mengintegrasikan Jaringan Lan dan Man

WAN menghubungkan dan mengintegrasikan jaringan yang lebih kecil seperti MAN dan LAN. Ini akan mempermudah perusahaan untuk memperoleh informasi dan perkembangan terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional

Sekalipun terlihat mahal pada instalasi, WAN dinilai sangat murah bila digunakan oleh perusahaan yang dibatasi oleh negara atau bahkan benua. Hal ini akan cocok bagi dua perusahaan yang dibatasi oleh wilayah tersebut.

4. Pengiriman Data yang Cepat

Perusahaan yang memiliki banyak kantor dengan jarak yang sangat jauh tetap mampu mengirim data dengan cepat. Inilah fungsi dari WAN yang memungkinkan perusahaan dapat mengirim data dalam waktu singkat meski terpisah sangat jauh dengan lainnya.

5. Terhindar Dari Miskomunikasi

Jaringan WAN akan mencegah terjadinya miskomunikasi sebab komunikasi itu sendiri dapat dilakukan secara real-time pada jaringan WAN.

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Sebagai jaringan komputer dengan skala luas, tentu WAN tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Berikut dijelaskan kelebihan dan kekurangan WAN secara umum.

Kelebihan WAN

§  WAN memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar, hingga mencapai antar benua.

§  Semua orang yang terdapat pada jaringan WAN akan dapat menggunakan data yang sama.

§  WAN mempunyai sistem jaringan yang luas dan besar sehingga mampu menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.

§  Dengan memanfaatkan koneksi workstations, jaringan WAN dapat digunakan untuk berbagi resources atau sumber daya.

Kekurangan WAN

§  Karena jangkauannya yang sangat luas, sangat wajar jika WAN membutuhkan biaya operasional yang sangat tidak sedikit.

§  Dari segi pengaturan atau penyetingan, jaringan WAN lebih sulit dan rumit. Alat-alat yang diperlukan untuk membangun jaringan ini juga tidak murah.

§  Jaringan WAN membutuhkan keberadaan Firewall demi membatasi pengguna ilegal yang masuk. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk membatasi user yang ingin mengganggu jaringan.

§  Skala jangkauan jaringan WAN yang luas membuat jaringan ini rentan terhadap serangan dan ancaman dari dunia luar seperti hacker.

d.  Internet (Interconnected Networking )

Sebagai penerus dari ARPANet, merupakan jejaring global dari komputer-komputer yang terhubung satu sama lain, yang memungkinkan untuk bisa berbagi informasi ke dalam saluran komunikasi.

Arsitektur jaringan internet terbagi menjadi :

a)   Client / Server : satu atau lebih komputer berperan sebagai sebuah server, dan komputer lainnya didalam jaringan meminta layanan dari server. Sebuah serrver yang biasa disebut host, mengatur akses perangkat keras, perangkat lunak dan sumber daya lainnya kepada jaringan. Sebuah client adalah komputer-komputer lain didalam jaringan yang mengandalkan layanan dari server.

b)  Internet Peer to Peer. Jaringan ini sederhana, dimana pengguna mengakses langsung ke masing-masing harddisk dan bertukar file melalui internet.


4.    Topologi Jaringan

 

a.    Topologi Bus

Topologi bus adalah suatu cara atau metode untuk menghubungkan dua komputer atau lebih secara serial dengan menggunakan satu kabel utama sebagai jalur komunikasi antara server dengan komputer client. Seperti gambar di atas, kabel utama menjadi jalur transmisi data yang kemudian client dihubungkan secara serial.

Berbeda dengan topologi lainnya yang menggunakan RJ45 sebagai konektornya dan kabel UTP sebagai kabel LAN-nya. Pada topologi bus konektor yang digunakan adalah konektor T atau BNC dan sebuah terminator, sedangkan untuk kabelnya, topologi bus menggunakan kabel coaxial sebagai media komunikasi.

 Untuk memudahkan mengingat bentuk topologi bus, bisa diibaratkan seperti di dalam bus. Di mana bagian paling depan (sopir) sebagai komputer server kemudian kursi-kursi belakang menjadi komputer client. Cukup mudah diingat bukan bentuk serta pengertian dari topologi bus ?

Jenis-jenis Topologi Bus

Topologi bus memiliki dua jenis, yaitu Linier Bus dan Distributed Bus yang bisa dilihat pada gambar di atas. Berikut ada pembahasan lengkap jenis-jenis topologi bus :

1.    Linier Bus adalah skema bentuk jaringan linier untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dengan hanya menggunakan satu kabel utama sebagai media berkomunikasi antar komputer, dengan dua titik akhir pada setiap ujung kabel.

2.    Distributed Bus adalah skema bentuk jaringan yang terdiri dari beberapa linier dan semuanya terhubung pada kabel utama dengan titik akhir masing-masing pada setiap ujung kabel.

Kamu bisa memahami lebih jelas dengan membaca pengertian dari masing-masing jenis topologi bus dan melihat gambar yang ada di atas.

Karakteristik Topologi Bus

Topologi dengan jenis bus ini biasanya digunakan oleh perusahaan skala kecil. Karakteristik atau ciri yang paling menonjol dari topologi bus adalah kabel yang membentang sebagai backbone atau kabel utamaTopologi bus menggunakan kabel coaxial jadi tidak seperti topologi lain yang menggunakan kabel UTP.

Pada topologi bus semua perangkat akan terhubung pada konektor T, yang berfungsi sebagai pembagi jalur serta menghubungkan kabel yang ada pada komputer client dengan kabel backbone atau kabel utama.

Ada juga terminator pada setiap ujung kabel yang berfungsi untuk menyerap sinyal agar sinyal tidak dipantulkan kembali. Dengan bentuk yang lurus atau linier jika tidak ada terminator untuk menyerap sinyal maka kemungkinan tabrakan sinyal atau data sangat besar.

Berikut adalah poin-poinnya agar mudah dimengerti :

§  Bentuk jaringannya linier

§  Memiliki satu kabel utama

§  Menggunakan konektor T dan BNC

§  Menggunakan Kabel coaxial

§  Terdapat terminator pada setiap ujur kabel sebagai penyerap sinyal agar tidak dipantulkan kembali

Ø  Cara Kerja Topologi Bus

Seperti pengertiannya, topologi bus memungkinkan semua komputer saling berkomunikasi dan berbagi data. Dengan catatan pada kabel utama yang berada di tengah harus bersih dari aktivitas berbagi data yang lain. Artinya tidak bisa ada 2 aktivitas komunikasi dalam satu waktu.

Proses tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan protokol yang disebut dengan Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection (CSMA/CD). Dengan memanfaatkan protokol tersebut bisa meminimalisir terjadinya tabrakan data.

Cara kerjanya komputer pengirim akan mengirim sinyal ke kabel utama, kemudian sinyal tersebut akan menyebar di sepanjang kabel utama. Jika ada komputer yang memiliki alamat IP dan MAC yang sama dengan alamat pengiriman makan sinyal akan diterima oleh komputer penerima. Namun jika alamat berbeda maka sinyal akan dibuang.

1. Kelebihan Topologi Bus

Berikut adalah kelebihan topologi bus, diantaranya :

§  Biaya pemasangan lebih murah

§  Irit kabel

§  Tidak begitu memakan tempat

§  Tidak memerlukan switch atau hub

§  Jika ingin mengembangkan dengan menambah jumlah komputer cukup mudah

§  Semakin sedikit komputer yang terhubung semakin cepat pengiriman data

§  Jika terjadi kerusakan pada salah satu perangkat komputer client, maka tidak akan mempengaruhi perangkat client lainnya.

2. Kekurangan Topologi Bus

Berikut adalah kekurangan topologi bus, diantaranya :

§  Semakin banyak komputer client yang terhubung, kecepatan pengiriman data berkurang

§  Keamanan data kurang karena sinyal disebar di kabel utama, artinya komputer yang terhubung pada kabel utama bisa memanipulasi data tanpa sepengetahuan atau (hacking).

§  Jika terjadi kerusakan di kabel utama maka seluruh komputer yang terhubung terkena pengaruhnya

§  Sering terjadi tabrakan data

§  Karena hanya menggunakan satu kabel utama maka lalu lintas yang ada di kabel utama padat

§  Sulit saat melakukan perawatan jika skala jaringannya besar

§  Membutuhkan hardware tambahan seperti Repeater sebagai penguat sinyal jika skala jaringannya besar

b.   Topologi Ring

Topologi ring adalah suatu skema, konsep atau aturan yang menghubungkan komputer dalam satu jaringan. Dimana bentuk jaringan ini membentuk titik-titik yang setiap titiknya terhubung ke dua titik lain. Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas.

Pada rangkaian topologi ring, titik atau yang biasa disebut node memiliki kegunaan untuk menjadi repeater atau penguat sinyal kepada node di sebelahnya. Hal ini berarti setiap perangkat yang ada di dalam rangkaian akan bekerja sama, untuk saling meneruskan paket data hingga sampai di node tujuan.

Dengan menggunakan topologi ring, memungkinkan setiap node bisa berkomunikasi dengan node lainnya dalam jarak dekat maupun jauh. Artinya setiap node yang ada di topologi ring memiliki
kemampuan switching ke segala arah.

Ø  Cara Kerja Topologi Ring

Bagaimana cara kerja topologi ring ? seperti pengertiannya, topologi ring memiliki cara kerja dengan membuat semua komputer yang terhubung di dalam jaringan menjadi repeater atau penguat sinyal bagi komputer di sebelahnya. 

Setiap data yang dikirikan akan melewati sebuah alat yang disebut token. Alat terpasang di setiap komputer. Pada saat melewati token, data akan dicek dahulu oleh token, jika data tersebut didibutuhkan pada komputer itu maka token akan mengambilnya. Namun jika ternyata data yang lewat tidak dibutuhkan, maka token akan meneruskan data tersebut ke komputer selanjutnya

Cara kerja tersebut akan diulang secara terus-menerus hingga data sampai ke komputer tujuan. Berikut adalah cara kerja topologi ring yang sudah saya buat per poin :

§  Setiap komputer akan terhubung dengan dua computer

§  Setiap data akan melewati komputer selanjutnya dan akan terulang hingga sampai pada komputer tujuan

§  Setiap komputer memiliki alat bernama token untuk menerima dan mengirim sinyal dari komputer sebelum dan sesudah

§  Setiap komputer akan melakukan transmisi ulang setiap ada pesan yang masuk dari komputer sebelumnya, yang kemudian akan dikirim ke komputer selanjutnya

§  Setiap pesan akan berjalan satu arah di sepanjang ring dan pengirimannya bergantian

§  Hanya komputer yang memiliki token yang bisa mengirim pesan ke komputer lain yang ada di dalam jaringan 

Cara kerja topologi ring membuat pengiriman data menjadi lebih aman karena data atau pesan hanya bisa dikirim oleh komputer yang memiliki token. Artinya tidak sembarang komputer yang bisa mengirimkan pesan. Hal ini bisa mencegah terjadinya penyebaran virus komputer.

Kelebihan Topologi Ring

Topologi ring memiliki beberapa kelebihan yaitu :

§  Mudah dalam perancangan dan pengiplementasiannya

§  Biaya instalasi topologi ring tergolong murah dibanding dengan topologi star

§  Penggunaan topologi ring lebih sedikit

§  Topologi ring memiliki kelebihan dalam kecepatan dan kualitas transfer data dibandingkan dengan topologi bus meskipun aliran datanya lebih berat

§  Troubleshooting topologi ring lebih mudah

§  Pelacakan kerusakan pada topologi ring lebih mudah karena adanya sistem node to node 

§  Instalasi ulang atau konfigurasi topologi ring tergolong mudah

§  Mengurangi risiko terjadinya collusion atau tabrakan data karena pengiriman hanya bisa dilakukan satu node. Node selanjutnya baru bisa mengirim jika node sebelumnya sudah menyelesaikan proses pengiriman. Jadi pengiriman data terjadi secara bergantian.

Kekurangan Topologi Ring

Selain memiliki kelebihan yang cukup banyak, topologi ring juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

§  Jika satu node bermasalah maka semua node akan terpengaruhi karena node satu dengan node lainnya berada dalam satu jalur. Biasanya hal ini bisa dicegah dengan menggunakan doubel node agar kerusakan tidak mengganggu kinerja node lainnya

§  Pengembangan topologi ring terkesan kaku, hal ini dipengaruhi oleh, jumlah komputer dan tata letaknya. Karena harus semua rangkaian diinstalasi dan konfigurasi ulang

§  Membutuhkan penanganan serta pengolahan yang lebih khusus untuk bandles

§  Kecepatan transfer data dipengaruhi oleh jumlah node, semakin banyak node semakin lambat pula kecepatan transfer datanya

§  Selain dipengaruhi jumlah node, jarak juga mempengaruhi. Semakin jauh jarah antar node semakin lambat pula kecepatan transfer datanya

 

c.    Topologi Star

Topologi Star adalah suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan berupa bentuk bintang (star). Topologi star mempunyai bentuk seperti bintang/ star, setiap node tersambung secara terpusat pada sebuah perangkat keras Hub atau switch. Hub atau switch yang dipakai untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. 

Prinsip topologi star adalah terpusat,yaitu seluruh komputer terhubung pada satu titik yang biasanya menggunakan switch atau HUB sebagai penghubung dan pengatur lalu lintas datanya agar tidak terjadi collision data atau tabrakan data. 

Artinya, kinerja topologi star sangat tergantung dengan HUB atau Switch yang menjadi pusat lalu lintas data. Jika HUB atau switch terjadi suatu kendala atau kerusakan maka semua komputer yang terhubung dengannya akan mengalami kendala juga. Kendala di sini adalah kendala pada arus lalu lintas data atau internet. 

Terlepas dari bentuknya, pada saat instalasi topologi star tidaklah selalu berbentu seperti di gambar, namun bisa saja HUB berada di pojok ruangan. Namun tetap terpusat seperti yang saya tuliskan ta

Karena prinsipnya terpusat, maka topologi star biasanya digunakan di lab sekolah-sekolah atau perusahaan yang memerlukan olah data terpusat agar datanya bisa diawasi oleh server. 

Ø  Cara Kerja Topologi Star

Cara kerja topologi star cukup mudah untuk dimengerti, mudahnya seluruh data haru melalui HUB atau switch terlebih dahulu untuk bisa sampai ke tujuannya,

Contohnya seperti ini, di suatu ruangan ada 3 komputer dan sebuah server, nah ketiga komputer client dan server akan terhubung ke HUB atau Switch yang ada di tengah seperti gambar di bawah. Nantinya Hub atau switch akan merekam dan menyimpan Content Addressable Memory (CAM) pada memorinya. CAM akan menyimpan semua alamat perangkat komputer yang terhubung dengan switch.



Sayangnya jika menggunakan HUB sebagai core, alamat setiap komputer tidak akan disimpan di CAM karena HUB tidak mendukung CAM di perangkatnya. Maka dari itu jika menggunakan HUB maka jika komputer A mengirim data ke komputer B, data tersebut harus melalui HUB terlebih dahulu. Kemudian HUB akan memeriksa semua alamat komputer yang terhubung dengannya. Prosedur ini dinamakan Address Resolution Protocol (ARP), dengan cara ini hub dapat menemukan alamat paket yang akan dituju, lalu meneruskannya.

Hal ini akan membuat proses pengiriman data sedikit lebih lama karena HUB harus mencari satu persatu alamat yang terhubung dengannya. Memang jika kita merasakannya tidak akan begitu terlalu terasa, namun beda cerita jika kita mengirim data dalam jumlah yang sangat besar, akan terasa lebih lama.

Maka dari itu sangat disarankan mengganti HUB dengan switch, karena jika komputer A mengirim data ke komputer B, maka switch tinggal mencari alamat komputer tujuannya di CAM.

 

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star

1. Kelebihan Topologi Star

§  Instalasi jaringan tergolong mudah

§  Jika satu komputer bermasalah tidak akan mempengaruhi komputer lainnya karena prinsipnya terpusat

§  Mudah mengidentifikasi kerusakan, karena berprinsip terpusat jika semua komputer yang mengalami gangguan artinya switch atau servernya yang bermasalah

§  Perawatan mudah

2. Kekurangan Topologi Star

§  Biaya tergolong mahal karena menggunakan banyak kabel, hal ini karena butuh kabel yang panjang jika lokasi instalasinya luas

§  Jika switch atau HUB rusak maka semua komputer akan terpengaruhi koneksi internetnya

§  Jumlah komputer yang terhubung bergantung kepada jumlah port yang ada di switch atau HUB

§  Jika kecepatan internet server lambat maka semua komputer yang terhubung juga akan lambat.

§  Semakin banyak komputer yang terhubung dengan switch, maka semakin lambat pula kinerja dan kecepatannya. Karena lalu lintas yang pada dapat menurunkan kecepatan transfer


a.    Topologi Mesh atau Jala

Topologi Mesh atau yang sering disebut dengan topologi jala adalah salah satu jenis topologi jaringan komputer yang bentuk koneksinya menghubungkan semua komputer yang ada di dalam jaringan seperti gambar di atas.

Mengapa disebut sebagai topologi jala ? sudah sangat jelas menurut saya karena bentuknya yang menyerupai jala karena setiap komputer terhubung ke komputer lainnya di dalam satu jaringan.

Selain bentuknya yang unik, perancangan topologi mesh juga bisa dikatakan unik dan cukup memudahkan para teknisi yang akan membuat jaringan dengan topologi mesh. Mengapa ? karena pada topologi mesh ada rumus yang sering digunakan oleh para teknisi.

Dengan menggunakan rumus n(n-1)/2 para teknisi bisa menebak jumlah kabel yang di butuhkan. merupakan jumlah komputer yang ada dalam satu jaringan. Misal ada 4 komputer di dalam satu jaringan maka perhitungannya 4(4-1)/2 = 6. Artinya teknisi harus menyiapkan kabel berjumlah 6 buah.

Untuk contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah. 

Setelah melihat gambar di atas coba kamu hitung dengan rumus tadi, dan coba lihat apakah perhitunganmu dengan jumlah kabel di gambar sama jumlahnya ?

 

Jenis - jenis Topologi Mesh

Berbeda dengan topologi star yang hanya memiliki satu jenis saja. Topologi mesh memiliki 2 jenis, yaitu Topologi Mesh Fully Conected dan Topologi Mesh Parcial Connected. Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis topologi mesh :


§  Topologi Mesh Fully Conected adalah jenis topologi mesh yang semua komputer terhubung satu sama lain tanpa terkecuali. Artinya jika ada 4 komputer, maka setiap komputer akan terhubung dengan 3 komputer lainnya.

§  Topologi Mesh Partial Connected adalah jenis topologi mesh yang tidak semua komputer terhubung dengan komputer lainnya. Pada topologi mesh jenis ini akan ditemukan tidak semua komputer terhubung dengan komputer yang lain seperti halnya topologi mesh dengan jenis fully connected.



Ø  Cara Kerja Topologi Mesh

Topologi mesh memiliki cara kerja yang efisien dalam transaksi data maupun komunikasi. Karena setiap komputer langsung terhubung dengan komputer lainnya. Oleh karena itu setiap komputer bisa langsung berkomunikasi satu sama lain tanpa harus melewati komputer lain seperti topologi ring.

 

Dengan begitu data yang dikirimkan akan langsung sampai ke tempat tujuan dengan cepat karena tidak harus melewati komputer lain pada saat pengiriman data.

 

Bisa diibaratkan sama seperti pengiriman barang oleh perusahaan ekspedisi. Jika topologi star pada saat pengiriman barang harus berhenti di kota-kota tertentu dahulu, topologi mesh bisa langsung mengirimkan barang langsung dari kota pengirim ke kota penerima dengan cepat tanpa harus berhenti di kota lainnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh

Tidak ada topologi yang sempurna, begitupula dengan topologi mesh, kali ini yang akan dibahas adalah kelebihan dan kekurangan topologi mesh. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan topologi mesh :


1. Kelebihan Topologi Mesh

Topologi mesh memiliki kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan saat kamu akan memilih topologi apa yang hendak kamu pakai. Berikut kelebihan topologi mesh :

§  Pengiriman data topologi mesh cepat karena data langsung dikirimkan ke komputer tujuan

§  Kemanan data lebih terjamin karena langsung dikirimkan ke komputer tujuan

§  Deteksi kerusaan lebih cepat

§  Apabila ada kerusakan di satu komputer, tidak akan mempengaruhi komputer yang lainnya

2. Kekurangan Topologi Mesh

§  Kabel yang digunakan lebih banyak dari topologi star atau ring

§  Semakin banyak komputer yang ada di satu jaringan maka biaya instalasi lebih mahal karena kabel yang digunakan 2x lipat lebih banyak dari topologi lainnya

§  Konfigurasi lebih sulit, oleh sebab itu harus tenaga ahli profesional yang melakukan konfigurasi

§  Topologi mesh memakan ruang yang lebih banyak karena penggunaan kabel yang banyak pula. Oleh karena itu diperlukan ruangan yang cukup luas.

§  Tidak disarankan dijadikan topologi untuk jaringan rumahan atau lab sekolah karena tidak praktis dan memakan banyak ruang.

 

b.    Topologi Tree

Topologi tree atau yang bisa juga disebut topologi pohon adalah topologi hasil gabungan dari dua topologi, yaitu topologi star dan topologi bus yang berbentuk hirarki seperti pohon yang memiliki batang utama dan cabang.

Singkatnya, komputer cient akan dibagi menjadi beberapa kelompok seperti gambar di atas, dan dihubungkan dengan HUB atau Switch menggunakan topologi star. Kemudian semua kelompok jaringan itu akan terhubung dengan kabel utama yang disebut backbond menggunakan topologi bus.

Pada topologi tree, komputer client yang berbeda kelompok masih bisa saling berkomunikasi, tapi tidak bisa sebebas berkomunikasi di topologi bus. Karena pada topologi tree yang memiliki bentuk hirarki, komunikasi antar komputer client harus melewati komputer yang ada di atasnya. Jika komputer yang ada di atasnya tidak mengizinkan data dikirim atau terjadinya komunikasi, maka komputer di kelompok 1 tidak akan bisa berkomunikasi dengan komputer di kelompok 2.

Karakteristik Topologi Tree

Apa karakteristik topologi tree ? karakteristik topologi tree antara lain sebagai berikut :

1.    Pada topologi tree ada kabel utama atau biasa disebut backbond sebagai pusat transaksi data ke server dan ke client

2.    Terdapat perangkat keras yang di sebut HUB atau Switch yang digunakan sebagai pusat transaksi data di client

3.    Terdapat tingkatan atau hirarki seperti pohon

4.    Komunikasi data yang dilakukan dalam jaringan harus melalui HUB (pusat kendali)

 

Ø  Cara Kerja Topologi Tree

Cara kerja topologi tree mirip dengan bentuknya yang seperti pohon. Jadi komputer paling atas memiliki fungsi sebagai pemimpin atau server. Kemudian komputer server biasanya dihubungkan dengan kabel utama agar bisa berkomunikasi dengan HUB dan nantinya HUB lah yang mengatur komunikasi dengan client.

Komunikasi dan pengiriman data yang ada pada topologi tree sangat bergantung pada HUB dan komputer yang ada di atasnya. Contohnya komputer client di kelompok 1 mengirim data ke komputer di kelompok 2, maka harus melewati HUB di kelompok 1 terlebih dahulu kemudian menuju ke server, dari server nanti akan dteruskan ke HUB di kelompok 2 kemudian akan diteruskan ke komputer tujuan.

Bagaimana jika komunikasi antar komputer di satu kelompok yang sama ?

Komunikasi tetap harus melewati HUB di atasnya dan tidak bisa langsung menuju komputer yang dituju seperti halnya pada Topologi Mesh.

Proses yang panjang dan harus melewati HUB membuat komunikasi dan transfer data antar komputer menjadi lebih lambat.

1. Kelebihan Topologi Tree

§  Topoogi tree sangat cocok untuk digunakan di jaringan skala besar

§  Topologi tree memungkinkan untuk digunakan pada jaringan point to point

§  Jika terjadi masalah, pada topologi tree cukup mudah diindetifikasi

§  Manajemen data yang baik, sebab komunikasi terjadi secara point to point.

§  Pengembangan atau penambahan komputer client mudah, hanya tinggal dihubungkan ke HUB

§  Apabila salah satu komputer client bermasalah tidak akan mempengaruhi komputer yang lain

2. Kekurangan Topologi Tree

§  Lalu lintas data padat, karena jalur data hanya berpusat pada kabel utama pada topologi bus, sehingga risiko terjadi tabrakan data sangat besar

§  Jika Hub atau kabel utama bermasalah akan mempengaruhi perangkat dan komputer yang ada di bawahnya

§  Karena menggunakan sistem hirarki jika perangkat yang ada di atas bermasalah akan mempengaruhi perangkat yang ada di bawahnya

§  Transfer data lambat karena harus melewati Hub terlebih dahulu

§  Karena menggunakan kabel dan perangkat Hub maka biaya yang dibutuhkan cukup mahal

§  Pemasangan kabel untuk membentuk sistem tree atau hirarki cukup sulit

§  Perawatan topologi jaringan tree cukup sulit karena banyak node

§  Instalasi topologi tree sulit

 

STANDAR UKUR PERALATAN KOMPUTER

Salah satu yang menjadi konsep dasar komputer adalah standar uku peralatan komputer. Karena dengan mengetahui standar ukur peralatan komputer maka kita bisa mengetahui bagaimana komputer bekerja melaksanakan perintah – perintah yang diberikan oleh user.

 

 

A.   Perhitungan Unjuk Kerja Komputer


Dalam perkembangannya komputer mempunyai standar pengukuran sendiri, berbeda dengan satuan ukuran yang lain, komputer mempunyai satuan ukuran yang disebut dengan “byte”.

Data yang disimpan di dalam media komputer mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Dan tahukah anda bahwa sebenarnya data yang tersimpan dalam komputer tersebut merupakan kumpulan dari angka 0 dan 1. Kumpulan angka 1 dan 0 inilah yang sering diterjemahkan sebagai ‘bit’ dari data biner. Dan bilangan biner inilah yang kemudian dijadikan sebagai perhitungan untuk kemudian dijadikan satuan yang sering kita kenal standar satuan computer yang disebut “byte”.

 

Adapun beberapa satuan standar transfer data yang sering dipergunakan dalam jaringan komputer adalah :

bit

Bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Bit biasanya hanyalah merupakan pilihan antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data.

Istilah Bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946 (http://www.danbbs.dk/~erikoest/bb_terms.htm).

 

bps

bit per second. Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.

 

kbps

kilo         bits     per     second.   Jumlah    kilobits     yang    ditransfer    dalam    satu    detik. 1 kbps = 1 x 10^3 bit/second = 1000 bit/second.

 

Byte

Byte adalah merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit) Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu.

 

Bps

Byte     per     second.     Jumlah     byte     yang     ditransfer     dalam      satu      detik.KBps: Kilo    Byte    per     second.     Jumlah     KiloByte     yang    ditransfer     dalam     satu     detik. 1 KBps = 1 x 2^10 byte/second = 1,024 byte/second

bit mempergunakan satuan desimal oleh sebab itu :

 

1 kilobit = 1 x 10^3 bit = 1000 bit

 

sedangkan byte mempergunakan satuan biner, oleh sebab itu :

 1 KiloByte = 1 x 2^10 = 1024 Byte. 


Berikut ini satuan Byte lainnya:

1 byte = 8 bits atau 1 karakter

1 kilobyte (K / KB) = 2^10 bytes = 1,024 bytes

1 megabyte (M / MB) =1024 Kb = 2^20 bytes = 1,048,576 bytes

1 gigabyte (G / GB) = 1024 Mb = 2^30 bytes = 1,073,741,824 bytes

1 terabyte (T / TB) = 1024 Gb = 2^40 bytes = 1,099,511,627,776 bytes

1 petabyte (P / PB) = 1024 Tb = 2^50 bytes = 1,125,899,906,842,624 bytes

1 exabyte (E / EB) = 1024 Pb = 2^60 bytes = 1,152,921,504,606,846,976 bytes

 

Bagaimana kita dapat menghitung besarnya suatu file?

Misalkan anda memiliki sebuah file yang terdiri dari 100.000 kata dan anda ingin tahu berapa kira-kira besarnya ukuran file tersebut.

Kita asumsikan dalam setiap kata terdiri dari 5 huruf/karakter. Berarti jika ada 100.000 kata, maka anda memiliki 500.000 huruf/karakter.

Setiap huruf/karakter terdiri dari 1 Byte, berarti anda memiliki 500.000 Byte.

500.000 : 1024 = 489Kb atau 0.4 Mb.

Jika file tersebut ada di Internet dan kita ingin mendownload, Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mendownload file tersebut jika koneksi internet tersebut besarnya 33.600bps ?

 Setiap Byte terdiri dari 8 bit, berarti 500.000 Byte yang anda miliki bernilai 500.000 x 8 =

4.000.000 bit.

 Selanjutnya 4.000.000 bit yang anda miliki dibagi dengan besarnya koneksi Internet yang anda miliki yakni 33.600 = 119 detik.

Artinya waktu anda untuk mendownload file yang memiliki 100.000 kata kurang lebih 119 detik (2 menit) dengan kecepatan akses 33.600 bps

 

B.   Kompresi File

 

Kompresi berarti memampatkan / mengecilkan ukuran.

Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.

Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yang sudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresi data yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapat dibaca / di-dekode kembali dengan benar. Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhan penyimpanan data, mempercepat pengiriman data, memperkecil kebutuhan bandwidth.

1.          Jenis Kompresi

 

Kompresi data berdasarkan mode penerimaan data yang diterima manusia :

-            Dialoque Mode: yaitu proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan berdialog (real time), seperti pada contoh video conference.

Dimana kompresi data harus berada dalam batas penglihatan dan pendengaran manusia. Waktu tunda (delay) tidak boleh lebih dari 150 ms, dimana 50 ms untuk proses kompresi dan dekompresi, 100 ms mentransmisikan data dalam jaringan.

    -      Retrieval Mode: yaitu proses penerimaan data tidak dilakukan secara real  time.

Dapat dilakukan fast forward dan fast rewind di client. Dapat dilakukan random access terhadap data dan dapat bersifat interaktif.


Kompresi data berdasarkan output:

 

-            Lossy Compression

 Teknik kompresi dimana data hasil dekompresi tidak sama dengan data sebelum kompresi namun sudah “cukup” untuk digunakan. Contoh: Mp3, streaming media, JPEG, MPEG, dan WMA.

Kelebihan: ukuran file lebih kecil dibanding loseless namun masih tetap memenuhi syarat untuk digunakan.

Biasanya teknik ini membuang bagian-bagian data yang sebenarnya tidak begitu berguna, tidak begitu dirasakan, tidak begitu dilihat oleh manusia sehingga manusia masih beranggapan bahwa data tersebut masih bisa digunakan walaupun sudah dikompresi. Misal terdapat image asli berukuran 12,249 bytes, kemudian dilakukan kompresi dengan JPEG kualitas 30 dan berukuran 1,869 bytes berarti image tersebut 85% lebih kecil dan ratio kompresi 15%.

-            Loseless Compression

 

Teknik kompresi dimana data hasil kompresi dapat didekompres lagi dan hasilnya tepat sama seperti data sebelum proses kompresi. Contoh aplikasi: ZIP, RAR, GZIP, 7-Zip.

Teknik ini digunakan jika dibutuhkan data setelah dikompresi harus dapat diekstrak/dekompres lagi tepat sama. Contoh pada data teks, data program/biner, beberapa image seperti GIF dan PNG. Kadangkala ada data-data yang setelah dikompresi dengan teknik ini ukurannya menjadi lebih besar atau sama.

 

 

2.       Perhitungan Rata-rata Kecepatan Transfer Data

 Jika kita berbicara masalah perhitungan kecepatan transfer data, maka sedikit banyak kita akan berbicara pula masalah jaringan komputer. Sebab jaringan komputer menggunakan bandwidth yang berbeda-beda.

Berikut ini disajikan dalam bentuk tabel kecepatan transfer data : Tabel kecepatan transfer data 

Kecepatan

Simbol

Keterangan

Aplikasi

1.000 bit/s

1 kbit/s atau 1 kbps

1 kilobit atau seribu bit per detik

Rata-rata kecepatan internet dial- up di Indonesia saat ini adalah 56 kbps.

1.000.000 bit/s

1 Mbit/s atau 1 Mbps

1 megabit atau sejuta bit per detik

Kecepatan transfer data melalui komunikasi tanpa kabel (wireless) pada 2.4 GHz adalah 2 Mbps, sedangkan kecepatan sebuah switch standar adalah 100 Mbps.

1.000.000.000 bit/s

1 Gbit/s atau 1 Gbps

1 gigabit atau satu milyar bit per detik

Kecepatan sebuah switch dengan teknologi Gigabit adalah 1 Gbps.

1.000.000.000.000

bit/s

1 Tbit/s atau 1 Tbps

1 terabit atau satu triliun bit per detik

Belum ada

 

 

kecepatan kbps (kilo bit per second)

Bandwitdh dengan ukuran ini banyak dipakai layanan Broadband Internet instant access seperti telkomnet instant, layanan internet dial-up tanpa harus mendaftar sebagai member. Bandwidth dengan ukuran ini juga banyak dipakai oleh peripheral modem baik internal maupun eksternal. Rata-rata kecepatannya adalah 56 kbps.

Keunggulan yang diperoleh dari bandwidth ini adalah harganya yang lebih terjangkau, karena bandwidth ini biasa dipakai dalam skala kecil seperti perumahan. Selain itu, keunggulan yang lain adalah bandwidth dengan ukuran ini lebih mudah instalasi modem atau dial-up nya. Karena aksesnya tidak berlangganan, maka pengguna layanan ini bebas kapan saja memakai internet dengan hanya memasukkan konektor rj – 11 (telepon) ke dalam modem, dan langsung bisa dial- up.

Namun kelemahan dari bandwidth ini adalah sangat kecilnya bandwidth yang dimiliki, sehingga untuk membuka Image atau mendownload file dari internet membutuhkan waktu yang agak


lama. Disamping itu, saat ini layanan internet instant access ini sudah jarang digunakan karena dari providernya sendiri sekarang sudah meluncurkan layanan yang lebih canggih.

 

Kecepatan Mbps (mega byte per second)

 Bandwidth ini sedang menjadi tren di perumahan dan warnet-warnet. Karena ukuran bandwidth yang ditawarkan lebih besar dari sebelumnya. Rata-rata kecepatan transfer data pada bandwidth ini adalah 1 s/d 100 Mbps.

Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa salah satu perusahaan pembuka layanan jasa internet atau ISP (Internet Service Provider) saat ini telah meluncurkan layanan yang disebut “speedy” dengan bandwidth rata-rata 1 s/d 3 Mbps.

Layanan ini tentu sangat menarik, karena bandwidth yang ditawarkan sudah tergolong cukup besar untuk kalangan perumahan. Dalam masalah harga, layanan ini membedakan tarif layanannya berdasarkan peruntukkan penggunanya.

Biasanya untuk kalangan pendidikan (pelajar dan mahasiswa) dikenakan tarif murah dibandingkan kalangan usaha (corporate) seperti warnet.

Layanan ini pun mempunyai 2 altenatif pilihan, ada yang disebut limited yakni pemakaian internet dibatasi dengan jatah yang diberikan pihak ISP kepada konsumen. Rata – rata jatah yang diberikan ISP untuk kalangan pendidikan adalah 15 jam perbulan. Adapun unlimited biasa dipakai oleh kalangan usaha seperti warnet. Pemakaian ini lebih bebas dari limited karena dipakai berapa jam pun tarif perbulannya tetap.

Adapun kelemahan dari layanan ini adalah koneksi dari pusat yang terkadang terputus dikarenakan layanan ini masih tergolong layanan baru.

Adapun bandwidth yang menggunakan kecepatan 100 Mbps biasanya dapat kita temui pada hub (switch) atau access point yang biasa digunakan di warnet berbasis kabel ataupun wireless. Hub atau switch biasa digunakan di warnet sebagai jaringan local atau LAN (Local Area Network) yang menggunakan topologi star. Hub keluaran sekarang biasanya sudah auto sensing. Hub langsung mendeteksi jika ada konektor rj-45 yang terhubung dengan komputer dihubungkan dengan port yang tersedia di hub tersebut. Untuk kemudian dihubungkan ke server dan dikonfigurasikan melalui server. Adapun jaringan lokal yang berbasis wireless menggunakan acces point sebagai penghubungnya. Jangkauan wireless lebih luas bisa mencapai 100m2. hub dan access point sama – sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing.

Diantaranya adalah:

-   Dari segi kenyamanan hub lebih nyaman karena menggunakan kabel sehingga tidak terganggu oleh keadaan cuaca dsb, sedangkan wireless menggunakan gelombang radio yang dapay terganggu apabila cuaca buruk atau terhalang benda seperti tembok dll.

-   Dari segi instalasi Access point lebih mudah instalasinya karena tidak lagi menggunakan kabel sebagai media transfer data, sedangkan hub lebih sulit instalasinya Karena menggunakan kabel sebagai media transfer data.

 

-   Dari segi keamanan jaringan (networking security) atau firewalling menggunakan kabel jauh lebih aman ketimbang menggunakan wireless, Karena jika kita menggunakan wireless memungkinkan orang lain dapat masuk kedalam jaringan LAN yang kita miliki.

-   Dari segi harga menggunakan kabel lebih murah daripada wireless, karena wireless merupakan teknologi baru ketimbang kabel, tentu harga peripheralnya lebih mahal ketimbang peripheral lama seperti kabel.

 

Kecepatan Gbps (giga byte per second)

Bandwidth ini tergolong dalam skala besar karena biasanya yang menggunakan bandwidth ini sudah menggunakan jaringan LAN yang besar seperti di perkantoran. Peripheral yang menggunakan bandwidth ini pun bukan lagi hub atau access point, melainkan berupa router dan repeater.

Router adalah alat yang digunakan untuk menyatukan beberapa LAN untuk kemudian disambungkan lagi ke server. Adapun repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain. Dengan cara ini jarak kabel dapat diperjauh.

Salah satu produsen pembuat alat yang sudah menggunakan teknologi bandwidth ini adalah Gigabit. Perusahaan yang sudah lama memproduksi barang-barang komputer seperti motherboard, VGA, Ethernet, dan hub ini menjadi salah satu pelopor pembuat bandwidth dengan kecepatan 1Gbps saat ini.

 Kecepatan Tbps (tera bit per second)

 Kecepatan inilah yang sangat fantastis, sebuah data yang besarnya 1 triliun bit dapat dikirim dalam waktu hanya satu detik. Bandwidth ini memungkinkan kita mengirim seluruh isi harddisk kita hanya dalam waktu satu detik. Tapi sayangnya bandwidth sebesar ini belum ada. Para ahli dibidang komputer masih terus berusaha untuk mewujudkan bandwidth sebesar itu mungkin dalam waktu beberapa tahun yang akan datang.

 

3.       Standar Antar Muka Device


Dibawah ini adalah beberapa istilah dan penjelasan mengenai standar antar muka device :

A.   Handsaking

Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara dua terminal. Handsaking merupakan prinsip dasar  dari suatu hubungan pada sebuah interfacing.   Di dalam komunikasi telepon, handshaking adalah pertukaran informasi antar dua modem dan persetujuan yang menghasilkan tentang protokol dimana untuk menggunakan yang mendahului masing-masing sambungan telepon. Agar dapat dengar handshaking dalam memamah dan bunyi lain manakala kamu membuat suatu dial-out panggil dari komputer.

Karena modem pada masing-masing punya kemampuan berbeda, mereka harus menginformasikan satu sama lain dengan kecepatan transmisi yang paling tinggi yangmereka dapat kedua-duanya. Pada yang lebih tinggi kecepatan, modems harus menentukan panjang keterlambatan garis sedemikian sehingga gema cancellers dapat digunakan dengan baik.

Perangkat keras atau perangkat lunak aktivitas yang ditentukan merancang untuk menetapkan atau memelihara dua program atau mesin di dalam sinkhronisasi. Handshaking sering berhubungan dengan pertukaran paket atau pesan data antara dua sistem dengan penyangga terbatas.

  Handsaking Hardware

 

Suatu teknik untuk peraturan alir data ke seberang suatu alat penghubung atas pertolongan isyarat yang laksanakan oleh kawat terpisah.

  Handsaking Software

 

Transmisi data ekstra pada suatu saluran  dalam  rangka  mengendalikan  alat  yang  mengirimkan  data  di  dalam  arah  yang  lain   pada   saluran.   Karena   suatu   EIA-232 koneksi,   alat-alat   ini   mengirimkan   Control-S   dan    Control-Q    karakter    untuk    stop dan start transmisi.

 

B.   Protokol

 

Sedangkan Protokol merupakan satu set peraturan dan prosedur untuk bertukar-tukar data dari satu terminal dengan terminal lainnya. Hal ini dapat kita bedakan antara protocol dengan handsaking, karena fungsi protokol hanya mengatur signal yang diperoleh melalui proses handsaking. Namun keduanya merupakan saling mendukung dari proses komunikasi pada sebuah  interfacing.

Di dalam teknologi informasi, suatu protocol dimana adalah suatu daun catatan yang ditempelkan ke suatu volume naskah, menguraikan muatannya adalah yang khusus satuan aturan yang titik-akhir di dalam suatu koneksi telekomunikasi menggunakan komunikasi. Protokol ada pada beberapa tingkatan di dalam suatu koneksi telekomunikasi. Ada perangkat keras telepon protokol. Ada protokol antar masing-masing beberapa lapisan fungsional dan masing-masing lapisan yang bersesuaian di akhir yang lain dari suatu komunikasi. Kedua-Duanya titik-akhir harus mengenali dan mengamati suatu protokol. Protokol adalah sering diuraikan di dalam suatu industri atau standard internasional.

persetujuan yang menghasilkan tentang protokol dimana untuk menggunakan yang mendahului masing-masing sambungan telepon. Agar dapat dengar handshaking dalam memamah dan bunyi lain manakala kamu membuat suatu dial-out panggil dari komputer.


Karena modem pada masing-masing punya kemampuan berbeda, mereka harus menginformasikan satu sama lain dengan kecepatan transmisi yang paling tinggi yangmereka dapat kedua-duanya. Pada yang lebih tinggi kecepatan, modems harus menentukan panjang keterlambatan garis sedemikian sehingga gema cancellers dapat digunakan dengan baik.


Perangkat keras atau perangkat lunak aktivitas yang ditentukan merancang untuk menetapkan atau memelihara dua program atau mesin di dalam sinkhronisasi. Handshaking sering berhubungan dengan pertukaran paket atau pesan data antara dua sistem dengan penyangga terbatas.

  Handsaking Hardware

 

Suatu teknik untuk peraturan alir data ke seberang suatu alat penghubung atas pertolongan isyarat yang laksanakan oleh kawat terpisah.

  Handsaking Software

 

Transmisi data ekstra pada suatu saluran  dalam  rangka  mengendalikan  alat  yang  mengirimkan  data  di  dalam  arah  yang  lain   pada   saluran.   Karena   suatu   EIA-232 koneksi,   alat-alat   ini   mengirimkan   Control-S   dan    Control-Q    karakter    untuk    stop dan start transmisi.

 

C.  Protokol

 

Sedangkan Protokol merupakan satu set peraturan dan prosedur untuk bertukar-tukar data dari satu terminal dengan terminal lainnya. Hal ini dapat kita bedakan antara protocol dengan handsaking, karena fungsi protokol hanya mengatur signal yang diperoleh melalui proses handsaking. Namun keduanya merupakan saling mendukung dari proses komunikasi pada sebuah  interfacing.

Di dalam teknologi informasi, suatu protocol dimana adalah suatu daun catatan yang ditempelkan ke suatu volume naskah, menguraikan muatannya adalah yang khusus satuan aturan yang titik-akhir di dalam suatu koneksi telekomunikasi menggunakan komunikasi. Protokol ada pada beberapa tingkatan di dalam suatu koneksi telekomunikasi. Ada perangkat keras telepon protokol. Ada protokol antar masing-masing beberapa lapisan fungsional dan masing-masing lapisan yang bersesuaian di akhir yang lain dari suatu komunikasi. Kedua-Duanya titik-akhir harus mengenali dan mengamati suatu protokol. Protokol adalah sering diuraikan di dalam suatu industri atau standard internasional.


3 alasan yang perlu diketahui mengenai protokol

   kode dari melakukan; “protokol keselamatan”; “protokol akademis”

   format etiket yang diamati oleh kepala-2 pada suatu status

   aturan menentukan transmisi dan format data

 

D.   Bus Interfacing

Alur atau Buses dimana berbagai jenis informasi dilewati antar kelayakan unsur-unsur sistem microcomputer-based memisahkan perhatian oleh karena dampak ketika keseluruhan pengoperasian sistem dan capaian. Buses biasanya digolongkan dalam kaitan dengan pemilihan waktu protokol yang, tak serempak, synchronous, dan synchronous memanfaatkan suatu WAIT status, (semisynchronous). operasi dan prosedur yang umum terjadi di dalam mikroprosesor interfacing ke memori dan alat sekeliling umum bus diskusi. Sebagai tambahan terhadap alamat, data, dan control buses yang dihubungkan.

Dengan komputer mikro, handshaking dan kesewenang-wenangan (bus resolusi konflik) buses adalah diperlukan untuk menerapkan berbagai bus alternatif. Pertimbangan pokok dihubungkan dengan semua aspek ini bus interfacing adalah keterlambatan dilibatkan dengan itu bus transaksi. Suatu pengarah penting bus interfacing melibatkan memori di mikroprosesor sistem.

Secara umum, ada tiga jenis keterlambatan dihubungkan dengan isyarat di dalam suatu sistem digital: logika, kapasitip, dan waktu pemindahan. Suatu penundaan logika kadang-kadang Penundaan perkembangbiakan yang dikenal sebagai waktu untuk keluaran dari suatu unsur digital ke switch berkenaan dengan masukan. TTL gerbang keterlambatan adalah 3-6, atau perbedaan waktu antara dua isyarat yang memulai dari sumber yang bersamaan waktu atau yang sama tetapi mengalami;mencoba keterlambatan berbeda, yang terutama adalah hasil logika menunda. Suatu contoh dari disebabkan oleh keterlambatan logika berbeda.

Penundaan kapasitip adalah disebabkan oleh pemuatan kapasitip pada keluaran dari suatu unsur logika. suatu alur cerita perkembangbiakan yang khas menunda lawan mengisi kapasitansi untuk TTL Schottky daya-rendah keluarga.rata-rata penundaan waktu meningkatkan pada suatu tingkat 0.08 ns/pF dan mempunyai suatu nilai kira-kira 5 n untuk suatu 15-pF beban. Waktu tunda pemindahan adalah waktu isyarat yang digital untuk bepergian sepanjang suatu kawat atau papan sirkit yang dicetak melacak.

Dari jalur transmisi teori, yang terburuk waktu tunda pemindahan kasus panjangnya unit, tp(ns), sama dengan LC , di mana :

 

L = induktans panjang unit

C = kapasitansi panjang unit dan device-capacitance. tp = 2 ns/ft.

Begitu mempertimbangkan suatu bus melalui gerbang, ahli sandi, dan seterusnya, total dari semua keterlambatan harus dipertimbangkan bersama dengan menghasilkan miring isyarat. Suatu contoh kebaikan adalah presentasi dari suatu menunjukkan itu suatu bus. Oleh karena keterlambatan yang bermacam-macam di dalam alur garis alamat, bit alamat terjadi di bus. Interfacing merupakan device yang dapat menghubungkan terminal satu dengan lainnya, hal ini tidak terlepas dari bus interfacing interfacing terdiri dari :

Bus menghubungkan semua komponen dalam unit mikrokomputer. Ada tiga tipe bus yaitu:

-   Data Bus (bus-D) : bus dengan delapan penghantar, data dapat diteruskan dalam arah bolak- balik (lebar data 8 bit) yaitu dari mikroprosesor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya.

-   Control Bus (bus-C) : meneruskan sinyal-sinyal yang mengatur masa aktif modul mikrokomputer yang sesuai dengan yang diinginkan menurut kondisi kerja.

-   Address Bus (bus-A) : meneruskan data alamat (misal alamat 16 bit), dari penyimpan atau dari saluran masukan/keluaran yang diaktifkan pada saat tertentu.


SUMBER :

1.      https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/apa_itu_arsitektur_komputer_inil ah_pengertian_dan_fungsinya-706#:~:text=Arsitektur%20komputer%20bisa

%20diartikan%20sebagai,komputer%20dapat%20bekerja%20sesuai%20fungsinya

2.       https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-arsitektur-komputer-fungsi- jenis-klasifikasi-bagian-cara-membuat-faktor-yang-mempengaruhi.html

           3.       https://www.immersa-lab.com/pengertian-cpu-dan-fungsinya.htm   4.                                                                                                                                     4.   https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/8073/Mengetahui-Macam-Macam-                        Processor-Komputer

5.       https://www.masahen.com/2019/10/pengertian-topologi-ring.html

6.       https://www.masahen.com/2019/10/pengertian-topologi-bus-gambar.html

7.       https://www.masahen.com/2019/09/apa-itu-topologi-star.html

8.       https://www.masahen.com/2019/10/pengertian-topologi-mesh.html

9.       https://www.masahen.com/2019/10/pengertian-topologi-tree.html

10.http://silvia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/45164/Standar_Ukur_Peralatan.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Teknologi Sistem Informasi A** T3