Pengantar Teknologi Sistem Informasi A** T2
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
Nama : Wahyu Aprian Hadiansyah
NPM : 11121284
Fakultas : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Jurusan : Sistem Informasi
Nama Dosen : Kurniawan B.Prianto,S.KOM.SH.MM
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Sistem Informasi A**
·
JENIS DAN CARA
KERJA PERANGKAT INPUT
1. Keyboard
: Sebuah
komputer pasti akan dilengkapi oleh sebuah papan dengan tombol-tombol kotak
yang biasa disebut keybioard. Huruf-huruf yang ingin dimunculkan di layar
komputer dapat diketik pada keyboard. Pengguna komputer tentu akan kesulitan
jika tidak ada alat seperti keyboard ini.
Cara kerja dari keyboad tersebut
antara lain sebagai berikut:
- Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah
karet yanga da dibawah tombol tersebut.
- Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana
akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
- Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.
- Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh
chip komputer.
Setelah digenerate akan ditampilkan
kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.
Jenis-jenisnya :
- Keyboard Qwerty
- Keyboard Numeric
- Keyboard Alphabetik
- Keyboard CHORD
- Keyboard Maltron
- Keyboard Klockenberg
- Keyboard Dvorak.
2. Mouse
: Berfungsi
untuk memindahkan pointer atau kursosr secara cepat serta mengatur
posisi kursor di layar Cara Kerja Mouse Komputer Ketika mouse terhubung
dengan komputer,
lampu LED merah mulai bersinar.
Cahayanya fokus pada permukaan bawah mouse dengan lebih dulu melewati lensa
tipe khusus (HDNS-2100). Cahaya LED terpantul kembali ke kamera yang
terintegrasi dengan Sensor Optical Mouse. Kamera mengambil gambar dari
permukaan dengan frekuensi di kisaran 1500 - 6000 gambar per detik untuk
menghitung posisi mouse. Gambar-gambar ini diproses oleh Processor Digital
Signal dan hasil koordinatnya dikirim ke IC A2611D melalui transmisi data
serial. Kemudian, IC (A2611D) lainnya akan mengambil input serial dari sensor
gambar dan tombol mouse, yang seterusnya dikonversi ke protokol USB dan
mengirimkannya ke PC. Driver dari mouse yang terpasang pada komputer menerima
koordinat dan menghasilkan gerakan kursor yang sesuai.
Jenis-jenisnya :
- Mouse Serial
- Mouse P/S 2
- Mouse USB
- Mouse Wirelless
- Mouse Optic
3. Scanner
: Cara kerja scanner saat kita menempatkan kertas
bergambar atau teks pada layar kaca Scanner anda dan menekan sebuah tombol scan
pada mesin Scanner tersebut atau menu scan pada layar monitor anda, maka
scenner tersebut akan melakukan scanning. Cahaya yang terpancar pada saat
scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan hasil
yang didapat akan langsung dikirim pada sensor CCD. Dari CCD tersebut akan
dikirim ke ADC. ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan hasilnya pada komputer
anda. Setelah masuk pada komputer anda, hasilnya dapat anda edit sesuai dengan
kebutuhan anda. Anda juga bisa menyimpannya dalam komputer anda atau langsung
mencetak hasil dari scanning tersebut menggunakan printer.
jenis-jenisnya :
- Scanner Flad Bed
- Scanner Utomatic Document Feeder
- Scanner Andheld
- Scanner Drum
4. Joystick
: Cara
Kerja Joystick biasanya digunakan gamers dalam bermain game. Cara kerja
joystick sebenarnya cukup sederhana. Di bawah stick terdapat 2 lubang, yakni
horizontal dan vertikal. Lubang-lubang tersebut berada pada sebuah
tangkai berbentuk lengkungan. Saat joystick digerakkan ke kanan atau kiri
maka lubang di lengkungan vertikal akan bergerak karena dorongan stick, sebaliknya
jika digerakkan ke atas atau bawah maka lubang di lengkungan horizontal akan
bergerak karena dorongan stick. Setelah digerakkan, maka sensor di joystick
akan menerima pergerakan dan menyampaikannya ke saluran yang terkoneksi.
Jenis-jenisnya :
- Logitech
- Logitech Racing Wheel
- Logitech Rumble
5. Cara kerja trackball
Prinsip kerja dari trackball hampir
sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse
operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada
trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah
yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara
demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja
kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi
bola yang ada di atas badan trackball.
Jenis-jenisnya :
- SlimBlade Tarckball
- Expert Mouse Trackball
- Orbit Optical Trackball
- SlimBlade Trackball Mouse
·
JENIS DAN
METODE PERANGKAT OUTPUT
1.Speaker
Fungsi : Mengeluarkan suara dari
computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dan lain-lain.
Cara Kerja
:
Ketika mendengarkan suara dari sound
card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound
card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah
signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital
ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian
sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Komponen :
- Speaker Sound
- DSP
- DAC
Speaker biasanya dipakai pada
computer yang menggunakan sistem operasi berbasis windows atau multimedia.
2.Monitor
Fungsi : Untuk menampilkan
gambar, film, dan tulisan.
Cara Kerja : Disini saya akan
mengambil contoh Monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display). LCD terbagi dari 2
bagian utama yaitu backlight dan kristal cair. Backlight adalah sumber cahaya
LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon.
Lampu Backlight ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring cahaya
backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan
warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya
putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan
tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula
warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai
tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair
adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang
sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja
seperti tirai jendela.
Jika ingin menampilkan warna putih
kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang
berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam.
Kristal cair akan menutup serapat- rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight
yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin
menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.
Komponen :
- Backlight
- Kristal Cair
Monitor merupakan alat untuk
menampilkan hasil pengetikkan data lewat keyboard dan hasil pemrosesan data.
Informasi atau tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.
3.PROYEKTOR LCD
Fungsi : Untuk menampilkan gambar
pada sebuah layar.
Cara kerja : Bekerja
berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD.
Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru
(R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar
yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel- panel LCD
tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar
yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan
di”jatuh”kan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.
Komponen :
- Ventilasi
- Lensa
- Socket
- Sensor
- Component Video
- Tabung dichroic combiner
4.PRINTER
Fungsi : Merupakan alat
pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam komputer adalah
berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunakan komputer maka perlu
dicetak di kertas dengan printer.
Cara Kerja
:
Ada berbagai macam jenis printer
disini saya akan menjelaskan salah satu jenis printer yaitu jenis Laser. Cara
kerja printer ialah sebuah laser ditembakkan sesuai dengan dot-dot yang
akan dicetak. Spinning mirror menyebabkan dot-dot menyebar pada drum. Drum
berputar pada garis selanjutnya. Drum ini adalah photosensitive, karena sinar
laser, drum menjadi terisi muatan listrik dimanapun titik yang akan dicetak.
Sejalan dengan drum yang terus
bergerak, bagian terisi muatan dari drum melewati tangki yang berisi serbuk
hitam yang dinamakan toner. Toner menempel ke drum pada bagian yang terisi
muatan sehingga pola toner pada drum sesuai dengan image yang akan dicetak.
Selembar kertas kemudian dilewatkan drum. Kawat yang terisi muatan listrik
melapisi kertas. Ketika kertas kontak dengan drum, toner menempel pada kertas.
Sejalan ketika kertas berputar pada drum, kertas melewati area panas dan
tekanan yang dinamakan fusing system/fuser. Fusing system ini berfungsi
untuk melelehkan tinta ke kertas. Kemudian kertas keluar dari pinter. Di saat
yang sama, permukaan drum melewati wire lain yang dinamakan corona wire. Corona
wire ini mereset charge pada drum, dan drum siap untuk halaman selanjutnya.
Komponen :
- rum
- Toner
- Corona wire
- Fuser
- Laser scanner
- Roller
·
Pengertian
Memori
Memori atau yang
disebut sebagai memori fisik ataupun memori internal adalah media yang
menyimpan data atau informasi sementara pada komputer . Memori merupakan
komponen yang penting didalam suatu komputer yang berada didalam CPU (Central Processing
Unit). Memori ini akan menyimpan setiap program dan data yang
diproses oleh prosesor.
Adapun data atau
informasi yang disimpan didalam memori ini bersifat sementara karena data hanya
akan tersimpan selama komputer menyala atau hidup. Jadi, ketika komputer
dimatikan maka data yang disimpan di memori akan hilang. Oleh karena itulah,
sebelum Anda mematikan komputer, simpanlah semua data Anda kedalam media penyimpanan permanen
(tetap) di media penyimpanan berbasis disk seperti hard disk dan floopy disk.
·
JENIS MEMORI DALAM
KOMPUTER
Berikut
dibawah ini beberapa jenis memori fisik atau internal.
1. RAM (Random-Access Memory)
RAM digunakan untuk menyimpan data sementara yang dapat segera diakses oleh prosesor saat diperlukan. Karena bersifat sementara maka ketika komputer dimatikan maka data akan juga terhapus. Penyimpanan data dilakukan secara acak dan pengaksesan data oleh prosesor juga dilakukan secara acak.
2. ROM (Read-Only-Memory)
ROM adalah media penyimpanan yang bersifat permanen dan tidak memungkinkan data didalamnya dapat dimodifikasi. Artinya data pada ROM hanya dapat diakses dan dibaca oleh pengguna tanpa bisa dimodifikasi. Vendor komputer yang akan menyediakan ROM pada komputer yang berisi program ataupun data. Pada komputer, ROM umumnya disebut sebagai BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS.
3. SRAM (Static Random-Access Memory)
SRAM merupakan jenis RAM yang
menyimpan data didalamnya selama komputer masih menyala. Berbeda dengan DRAM
yang perlu disegarkan secara periodik. Kemampuan tersebut dikarenakan SRAM
dirancang menggunakan transistor tanpa kapasitor. Pastinya, SRAM lebih mahal
dan lebih cepat dibandingkan DRAM.
4. DRAM (Dynamic Random-Access Memory)
DRAM merupakan jenis
RAM yang banyak digunakan didalam komputer sebagai memori utama yang harus
disegarkan oleh CPU secara berkala agar data didalamnya tidak hilang. DRAM ini
lebih lambat dari SRAM (Static
Random-Access Memory).
5. SDRAM (Sychronous Dynamic Random-Access Memory)
SDRAM
adalah jenis DRAM (memori komputer dinamis) yang termasuk memori komputer
kategori solid-state yang telah disinkronisasi
oleh clock system dimana
kecepatannya lebih tinggi dari DRAM.
6. CMOS (Compmentary Meta-Oxyde
Semiconductor)
CMOS
adalah sebuah chip dari rangkaian terintegrasi yang digunakan di mikroprosesor,
RAM statis, pengontrol mikro, dan sirkuit logika digital lainnya. CMOS sendiri merupakan
bagian dari ROM.
Bukan
hanya di sirkuit digital, CMOS juga digunakan di sirkuit analog seperti
pengubah data, sensor gambar, dan trimancar teringtegrasi. Chip ini menggunakan
baterai sebagai sumber dayanya. Nah, di CMOS inilah, berbagai pengaturan dasar
komputer dilakukan dan disimpan seperti memuat sistem operasi dan pengaturan
tanggal dan jam sistem.
7. DIMM (Dual in-line memory module)
DIMM
terdiri dari serangkaian sirkuit terpadu DRAM. Modul-modul tersebut dipasang
pada papan sirkuit dan didesain untuk digunakan pada komputer personal, server
dan workstation. Terdiri dari 2 kecepatan
yaitu 00MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN.
8. Cache Memory
Cache
Memory merupakan memori yang berukuran kecil,
bersifat sementara, dan berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data
ataupun instruksi yang sering diakses. Cache
memory menjembatani aliran data diantara prosesor dengan
memori utama atau RAM yang biasanya berkecepatan rendah.
Harga dari memori ini
juga lebih mahal daripada memori utamanya. Cache memory berguna agar pemroses mengacu kepada cache memory yang
kecepatan aksesnya lebih tinggi sehingga kinerja sistem meningkat.
Fungsi Memori
Memori
internal berfungsi sebagai pengingat sebagai media penyimpanan data ataupun
program yang bersifat sementara. Dengan kata lain, jika komputer mati maka data
pun akan hilang. Dalam penggunaannya, memori internal diakses secara langsung
oleh prosesor. Adapun fungsi utama dari memori internal adalah
§ Menyimpan data dari
peranti masukan sampai data dikirimkan ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses lebih
lanjut.
Menyimpan daya
hasil pemrosesan ALU (Arithmetic
and Logic Unit) sebelum dikirim ke peranti
keluaran.
§ Menampung instruksi
ataupun program dari peranti masukan ataupun dari peranti pengingat sekunder.
·
PRINSIP KERJA MEMORI DAN ALOKASI
DATA KE MEMORI
A.
PRINSIP KERJA MEMORI
Jumlah
kebutuhan RAM tergantung pada jenis program yang sedang berjalan.
Setiap Operating System (OS) seperti Microsoft Windows menggunakan
komponen, yang dikenal sebagai Virtual Memory Manager (VMM). Menjalankan
program seperti instant messenger atau browser internet adalah
mengaktifkan microprocessor komputer untuk memuat file dan dieksekusi ke
RAM. Untuk program semacam itu biasanya diperlukan RAM 5 megabyte
(5 MB). Microprocessor juga menggunakan Dynamic Link Libraries (DLL) yang
memakai RAM pada kisaran 20-30 megabyte (20-30 MB).
Sejumlah
pengguna komputer menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan
seperti saat melakukan browsing internet sambil mendengarkan musik,
kadang-kadang program pengolah kata juga dijalankan. Semua ini menggunakan
jumlah RAM yang tinggi. Jika Anda menggunakan kapasitas RAM lebih besar
dari yang terpasang pada komputer, maka komputer menjadi lambat.
Untuk
meningkatkan kecepatan komputer anda perlu meningkatkan kapasitas RAM.
Sebelum melakukan hal itu anda harus mengetahui berapa besar RAM yang saat
ini terinstall di komputer dan berapa besar kebutuhan RAM yang harus anda
tambahkan. Untuk mengetahui besarnya RAM pada komputer anda dapat
melakukannya dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Pilih
tab General maka berbagai informasi tentang komputer termasuk kapasitas
RAM akan ditampilkan. Cara lain untuk mengetahui jumlah RAM yang sedang
anda gunakan adalah dengan menekan tombol control alt delete untuk menuju ke
Task Manager. Anda akan melihat jumlah RAM yang anda gunakan dalam tab
process. Anda dapat menambahkan membuka program lain yang dibutuhkan
sampai mendapatkan jumlah total RAM yang diperlukan. Setelah semua program
yang anda perlukan terbuka maka anda dapat menghitung jumlah RAM yang anda
perlukan.
Menambahkan
RAM dapat menjadi alternatif yang lebih mudah dan lebih murah
untuk meningkatkan kecepatan komputer. Selain menambahkan kapasitas RAM
Anda dapat membeli harddisk eksternal, yang dapat berguna untuk
mentransfer dan menyimpan file-file penting yang tidak sering digunakan.
Usahakan hanya file-file yang sering digunakan saja yang tertanam dalam
hardisk untuk menciptakan ruang yang lebih luas dalam hardisk anda yang
dapat pula meningkatkan kecepatan komputer.
Pada
saat kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah
Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari
storage, yaitu Hard Disk Drive (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari
Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor. Tapi prakteknya hal ini
sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard
Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses
data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan
FSB 800MHz). Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan
mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau
Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan
data Processor berkisar 46x lebih cepat disbanding HDD. Artinya, apabila
Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle- Neck” yang
sangat parah.
Untuk
mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory)
atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM
berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat”
yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena
seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. Dengan RAM, maka
Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2
mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka
saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat
melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi
128- bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok
data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4
GB/s).
B. ALOKASI DATA DALAM MEMORI
Manajemen
memori adalah kegiatan mengelola memori komputer, mengalokasikan
memori untuk proses sesuai keinginan, menjaga alokasi ruang memori bagi
proses sehingga memori dapat menampung banyak proses dan sebagai upaya
agar pemogram atau proses tidak dibatasi kapasitas memori fisik di sistem
komputer.
Fungsi
manajemen memori antara lain :
1.
Mengelola
informasi memori yang dipakai dan tidak dipakai.
2.
Mengalokasikan
memori ke proses yang memerlukan.
3.
Mendealokasikan
memori dari proses yang telah selesai.
4.
Mengelola
swapping antara memori utama dan disk.
Manajemen
Memori dibedakan menjadi dua :
1.
Manajemen
Memori dengan swapping : manajemen memori dengan pemindahan proses antara
memori utama dan disk selama eksekusi.
2.
Manajemen
Memori tanpa swapping : manajemen memori tanpa pemindahan proses antara
memori utama dan disk selama eksekusi.
§ Kondisi tanpa
swapping, bisa dikondisikan sebagai berikut :
§ Monoprogramming :
sistem komputer hanya mengijinkan satu program/pemakai berjalan pada satu
waktu.
§ Multiprogramming
dengan pemartisian statis : memori dibagi menjadi beberapa sejumlah
partisi tetap.
PENUKARAN
DAN ALOKASI MEMORI
1.
Penukaran
: sebuah proses yang berada di dalam memori dapat ditukar sementara
keluar memori ke sebuah penyimpanan sementara, dan kemudian dibawa masuk
lagi ke memori untuk melanjutkan pengeksekusian.
2.
Alokasi
Memori : sebuah fungsi fasilitas untuk memesan tempat secara berurutan alamat
memori diberikan kepada proses secara berurutan dari kecil ke besar untuk
tipe data dinamis (pointer)
Jenis
Alokasi dari Memori antara lain :
1.
Single
Partition Allocation / Sistem Partisi Tunggal : alamat memori yang
akan dialokasikan untuk proses adalah alamat memori pertama setelah
pengalokasian sebelumnya.
2.
Multiple
Partition Allocation / Sistem Partisi Banyak : Banyak: sistem
operasi menyimpan informasi tentang semua bagian memori yang tersedia
untuk dapat diisi oleh proses-proses (disebut lubang).
Permasalahan
Alokasi Memori :
1.
First
fit : Mengalokasikan lubang pertama ditemukan yang besarnya
mencukupi. Pencarian dimulai dari awal.
2.
Best
fit : Mengalokasikan lubang dengan besar minimum yang mencukupi permintaan.
3.
Next
fit : Mengalokasikan lubang pertama ditemukan yang besarnya
mencukupi. Pencarian dimulai dari akhir pencarian sebelumnya.
4.
Worst
fit : Mengalokasikan lubang terbesar yang ada.
Metode
yang paling sederhana dalam mengalokasikan memori ke proses-proses
adalah dengan cara membagi memori menjadi partisi tertentu. Secara garis
besar, ada dua metode khusus yang digunakan dalam membagi-bagi lokasi
memori :
1.
Alokasi
partisi tetap (Fixed Partition Allocation) yaitu metode membagi memori
menjadi partisi yang telah berukuran tetap.
§ Kriteria-kriteria
utama dalam metode ini antara lain :
§ Alokasi memori:
proses p membutuhkan k unit memori.
§ Kebijakan alokasi
yaitu “sesuai yang terbaik”: memilih partisi terkecil yang cukup besar
(memiliki ukuran = k).
§ Fragmentasi dalam
(Internal fragmentation) yaitu bagian dari partisi tidak digunakan.
§ Biasanya digunakan
pada sistem operasi awal (batch).
§ Metode ini cukup baik
karena dia dapat menentukan ruang proses; sementara ruang proses harus
konstan. Jadi sangat sesuai dengan partisi berukuran tetap yang dihasilkan
metode ini.
§ Setiap partisi dapat
berisi tepat satu proses sehingga derajat dari pemrograman banyak
multiprogramming dibatasi oleh jumlah partisi yang ada.
§ Ketika suatu partisi
bebas, satu proses dipilih dari masukan antrian dan dipindahkan ke partisi
tersebut.
§ Setelah proses
berakhir (selesai), partisi tersebut akan tersedia (available)
untuk proses lain.
§ Alokasi partisi
variabel (Variable Partition Allocation) yaitu metode dimana
sistem operasi menyimpan suatu tabel yang menunjukkan partisi memori yang
tersedia dan yang terisi dalam bentuk s.
§ Kriteria-kriteria
utama dalam metode ini antara lain :
§ Alokasi memori:
proses p membutuhkan k unit memori.
§ Kebijakan alokasi :
§ Sesuai yang terbaik:
memilih lubang (hole) terkecil yang cukup besar untuk keperluan proses
sehingga menghasilkan sisa lubang terkecil.
§ Sesuai yang terburuk:
memilih lubang terbesar sehingga menghasilkan sisa lubang.
§ Sesuai yang pertama:
memilih lubang pertama yang cukup besar untuk keperluan proses
§ Fragmentasi luar
(External Fragmentation) yakni proses mengambil ruang, sebagian digunakan,
sebagian tidak digunakan.
§ Memori, yang tersedia
untuk semua pengguna, dianggap sebagai suatu blok besar memori yang
disebut dengan lubang. Pada suatu saat memori memiliki suatu daftar set
lubang (free list holes).
§ Saat suatu proses
memerlukan memori, maka kita mencari suatu lubang yang cukup besar untuk
kebutuhan proses tersebut.
§ Jika ditemukan, kita
mengalokasikan lubang tersebut ke proses tersebut sesuai dengan kebutuhan,
dan sisanya disimpan untuk dapat digunakan proses lain.
§ Suatu proses yang
telah dialokasikan memori akan dimasukkan ke memori dan selanjutnya dia
akan bersaing dalam mendapatkan prosesor untuk pengeksekusiannya.
§ Jika suatu proses
tersebut telah selesai, maka dia akan melepaskan kembali semua memori yang
digunakan dan sistem operasi dapat mengalokasikannya lagi untuk proses
lainnya yang sedang menunggu di antrian masukan.
§ Apabila memori sudah
tidak mencukupi lagi untuk kebutuhan proses, sistem operasi akan menunggu
sampai ada lubang yang cukup untuk dialokasikan ke suatu proses dalam
antrian masukan.
§ Jika suatu lubang
terlalu besar, maka sistem operasi akan membagi lubang tersebut menjadi
dua bagian, dimana satu bagian untuk dialokasikan ke proses tersebut dan
satu lagi dikembalikan ke set lubang lainnya.
§ Setelah proses
tersebut selesai dan melepaskan memori yang digunakannya, memori tersebut
akan digabungkan lagi ke set lubang.
·
PENGERTIAN
MEDIA PENYIMPANAN DATA
Computer
Data Storage (Penyimpanan Data Komputer) adalah media yang digunakan dengan
fungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang tersedia pada perangkat
komputer dengan waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan dibuka kembali untuk
diproses ulang pada perangkat. Untuk saat ini Media penyimpanan Komputer terbagi
menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media
Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).
Dan selanjutnya akan saya bahas ketiga kategori tersebut secara detail,
jenis-jenis dan juga contoh dari setiap kategori tersebut.
·
KATEGORI
TEMPAT PENYIMPANAN
1.
Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)
Penyimpanan
Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder
(secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.
Kelebihan
dan Kekurangan
·
Kelebihan
: Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan
lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.
·
Kekurangan
: Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.
Cara
Kerjanya : (Hanya beberapa) Pada saat disk digunakan, motor
drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head
yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas
beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram
fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram
moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu
head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track
yang lainnya.
Macam-macam
media dari Magnetik Disk :
· DISKET
Pada
tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca
(read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun
dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun
kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB.
Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan
selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat
menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.
·
HARDDISK
Hard
disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan
sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk
piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan
atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Cara penyimpanan datanya
hampir sama dengan disket floppy. Bahan hard disk yang keras dan kapasitas
simpannya yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy yang bahannya
relatif elastis.
·
FLASHDISK
Flashdisk adalah
piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel
interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan
ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm.
Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih
besar, hingga mencapai 1 TB.
·
MEMORY CARD
Media
penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti
kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console
· ZIP DRIVE
Merupakan
media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung
data hingga 750 MB. Format ini menjadi yang paling populer di antara
produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar
untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi
disk Zip,
dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual
dengan merek Zip.
2.
Penyimpanan Optical (Optical Disk)
Penyimpanan
optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca
dengan menggunakan laser bertenaga rendah.
Kelebihan
dan Kekurangan
·
Kelebihan
: Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.
·
Kekurangan
: Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan Jika tergores maka
resikonya data tidak akan terbaca.
Cara
Kerjanya : Media penyimpanan tersebut berputar dengan sangat
kencang (putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca
data melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.
Macam-macam
media dari Magnetik Disk :
·
CD
CD
(compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang
pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani
melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih
tinggi daripada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam piringan
optik berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM, CD-WORM,
dan CD-Rewriteable.
·
CD-ROM
Dewasa
ini compact disk (CD) banyak dipakai untuk media penyimpanan data. CD yang
dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca,
namanya dikenal dengan CD-ROM. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan
suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling
sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer
bila diperlukan. Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik,
gambar dan sebagainya. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya
statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. Sebagai media
penyimpan data, CD-ROM memiliki sejumlah keunggulan.
·
WORM
CD-WORM
kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai
dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman,
isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan
gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering
dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.
·
CD-RW (compact disk rewiteable)
CD-RW
Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke
merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs,
yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang digunakan
untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data
discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.
·
DVD (Digital Video Disc)
DVD
adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media
optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM
biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan
secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya
sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak
diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat
dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s
dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.
3.
Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
Penyimpanan
Awan merupakan media yang masih tergolong baru, media ini bersifat online dan
tidak menggunakan kapasitas data memori pada perangkat karena mereka
menggunakan penyimpanan yang terdapat pada Internet.
Kelebihan
dan Kekurangan
·
Kelebihan : Tidak memerlukan perangkan untuk menyimpan
data.
·
Kekurangan : Sering terjadi kesalahan pada Server dengan
resiko data akan hilang dan juga dikenakan akses koneksi data.
Cara
Kerjanya : Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita
diharuskan untuk mengunggah file tersebut dan untuk mengambil data kita harus
mengunduh file tersebut.
·
PERALATAN
PENYIMPANAN
Pengertian
Peralatan Penyimpanan
Peralatan Penyimpanan adalah perangkat komputer yang digunakan untuk
menyimpan data baik di dalam maupun diluar puranti komputer. Perangkat
penyimpanan dibedakan menjadi dua, yaitu :
A. Peralatan Penyimpanan Internal
Memori jenis ini dapat diakses
secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai
pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data
atau program. Secara lebih tinci, fungsi dari memori utama adalah :
• Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke
ALU (Arithmatic and Logical Unit) untuk diproses.
• Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti
keluaran.
• Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari
peranti pengingat sekunder.
Memori biasa dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat
pula memori yang disebut Cache Memory.
B. Peralatan Penyimpanan Eksternal
Memori eksternal adalah perangkat
keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di
luar komponen utama. Macam - macam memori (perangkat penyimpanan) eksternal
antara lain :
1. CD ROM
CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bit.
CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
2. Motherboard
Motherboard adalah salah satu perangkat utama pada komputer. Pada motherboard inilah perangkat tambahan lainnya dipasangkan. Bentuk ukuran motherboard adalah Baby AT, Micro ATX dan ATX. Jenis-jenis motherboard yang banyak beredar di pasaran misalnya: motherboard Socket 7, Socket 370, Socket A, Slot 1, Slot A, dan Socket 423 untuk Pentium4 Socket 370 ATX Motherboard Socket 423 ATX Motherboard untuk dual core Motherboard Back to diagram.
3. Memory Computer
Memori computer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori juga di artikan sebagai perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC.Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU.
Pengertian menurut istilah memory biasanya merujuk pada media atau tempat untuk menyimpan data. Yang dapat dikatakan bahwa memori merupakan perangkat keras yang khas digunakan untuk menyimpan data atau informasi dan dapat dibaca atau diambil kembali saat diperlukan.
Pada komputer, program (software) yang sedang dijalankan (di-run) dan data yang sedang diproses, disimpan di dalam memori selama program tadi masih aktif bekerja. Memori itu sendiri sebenarnya terdiri dari ‘kotak-kotak’ untuk menyimpan data (karakter). Masing-masing kotak tersebut memiliki alamat atau address sendiri. Dengan menggunakan adres inilah CPU dapat membaca atau menulis data pada memori. Kecepatan pergerakan data keluar masuk memori biasanya sepadan dengan kecepatan kerja CPU itu sendiri. CPU dan memori merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah komputer.Secara fisik (hardware), kebanyakan memori berupa chip semikonduktor. Sampai sekarang, terdapat banyak jenis memori yang masing-masing mempunyai sifat atau karakteristik yang khas, walaupun suluruhnya tetap memiliki fungsi pokok, yaitu menyimpan data.
4. Hardisk
Harddisk adalah salah satu perangkat keras sekunder dan berisi piringan magnetis yang berfungsi untuk menyimpan data. Harddisk berfungsi untuk menyimpan data – data serta menampung data dalam jumlah yang sangat besar serta memiliki kecepatan pada saat memanggil kembali data yang tersimpan.
5. Floppy Disk Driver
Floppy disk driver adalah perangkat keras komputer sebagai Penggerak floppy disk atau disket. Floppy disk drive berfungsi untuk membaca data yang tersimpan di dalam floppy disk, seperti disket.Disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
Cakram liuk “dibaca” dan “ditulis” menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
6. Sound Card
Sound card berfungsi untuk mengubah sinyal digital (yg berasal dari file mp3, atau file musik lainnya) ke bentuk sinyal analog (sinyal suara yg dihasilkan oleh speaker).
Dulunya, sound card (untuk mengolah audio) dan graphic card (utk mengolah video) merupakan modul yg terpisah. Tapi sekarang ini motherboard rata - rata sudah berisi sound card onboard (menyatu dalam motherboardnya). So,ngga perlu lagi dipasangin soundcard,supaya bisa denger musik.
Biasanya, orang yg telinganya peka terhadap musik, masih menganggap soundcard bawaan (onboard) punya kualitas suara yg jelek. untuk itu, biasanya mereka memilih untuk membeli lagi modul sound card merk kelas atas, yang kualitasnya lebih bagus untuk menghasilkan suara yg lebih bagus lagi dan jernih.
7. Processor
Sebagaima telah umum diketahui bahwa Processor adalah otak dari sebuah komputer sering pula disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Karena bentuknya yang kecil maka ada juga yang menyebutnya Micro Processor.
Pada saat ini telah tersedia banyak macam CPU/Processor dipasaran. Kita mengenal Processor Intel P4, Processor Intel P4 LGA 775, Processor Intel Celeron, Processor AMD Athlon dll. Spesifikasi, kwalitas, kecepatan dan harganyapun berbeda-beda. Namun walaupun fungsi/tugasnya tetap sama yaitu ibarat dokter dalam suatu klinik atau sebagai otak dalam sebuah PC.
Secara garis besar Processor terdiri dari tiga bagian utama
yaitu :
• CU (Control Unit)
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari memory utama
untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memory utama, untuk
ditampilkan pada layar monitor, disimpan dalam hard disk atau output device
yang lain.
• ALU (Arithmatic and Logical Unit)
Bagian ini bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika
(matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan dari
suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan
suatu program aplikasi dan ada yang kurang beres, maka bagian inilah yang
mengambil keputusan bahwa telah terjadi suatu kesalahan. Informasi ini
diteruskan ke memory utama supaya dibuat pengumuman “ERROR” pada layar monitor.
• Register
Adalah media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat
tinggi. Disinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data-data yang lain
masih antri menunggu di memory utama.
Catatan : pada prosessor socket 478 (pentium IV) kaki socket terletak pada
prosessor sedangkan pada socket LGA 775 kaki socket terletak pada dudukan
prosessor di mainboard.
8. VGA Card
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
9. USB Flash Disk
USB flash drive atau
Flashdisk adalah salah satu media
penyimpanan data portabel yang dapat dihubungkan melalui port USB suatu
komputer atau laptop. Sebagai komponen
penyimpanan, pada awalnya keberadaan
Flashdisk tidak terlalu vital seperti saat ini, bahkan ukuran Flashdisk pada
awalnya tidak kurang dari ½ GB atau 512 MB saja. Ukuran seperti itu bahkan
lebih kecil dari ukuran CD atau DVD – ROM saat ini (700 MB).
Dengan ukurannya yang kecil dan simpel,
wajar saja orang – orang lebih senang menggunakannya. Selain itu Flashdisk ini
juga tergolong komponen hardware yang
bersifat non volatile, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun
Flashdisk dicabut atau tidak dialiri listrik. Pada beberapa momory internal
komputer terkadang data yang tersimpan akan hilang ketika komputer dimatikan.
Selain itu penggunaan Flashdisk juga sangat efektif dan efisien karena data
yang tersimpan bisa dirubah setiap saat.
10. SSD
SSD adalah singkatan dari Solid
State Drive. Prinsipnya SSD itu sama seperti HDD yaitu untuk menyimpan
data. Hanya saja data tidak disimpan pada lapisan-lapisan magnetik layaknya
HDD. SSD menyimpan semua data pada chip-chip emory flash yang saling terhubung
satu sama lain. Flash memory pada SSD jelas berbeda dengan yang digunakan pada
Flashdisk dalam hal type dan kecepatan. Chip flash memori pada SSD memiliki
kecepatan yang lebih tinggi daripada Flashdisk. Dengan kapasitas yang sama,
harga SSD jauh lebih mahal daripada Flashdisk.
Kecepatan baca tulis SSD bisa 8 kali
lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melwati proses
booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktun
yang dibutuhkan HDD lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan yang pasti
tidak lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD.
SSD yang tersedia sekarang adalah
2,5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk penggunaan laptop. Seiring
dengan semakin kecilnya ukuran laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet
untuk menjelajahi web, Anda akan melihat kemampuan SSD yang dapat beradaptasi
dengan mudah dengan ukuran laptop/tablet.
·
REPRESENTASI
DATA KOMPUTER
Data adalah sesuatu
yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu
pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka,
matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai
bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Representasi data adalah lambang untuk memberi tanda bilangan biner yang telah
diperjanjikan yakni 0 (nol) untuk bilangan positif atau plus dan 1 untuk
bilangan negatif atau minus. Pada bilangan n-bit, jika susunannya dilengkapi
dengan bit tanda maka diperlukan register dengan panjang n+1 bit. Dalam hal
ini, n bit digunakan untuk menyimpan bilangan biner itu sendiri dan satu bit
untuk tandanya. Pada representasi bilangan biner yang dilengkapi dengan tanda
bilangan, bit tanda ditempatkan pada posisi paling kiri.
TIPE DATA
Disetiap bahasa pemrograman, disediakan berbagai
jenis tipe data. Penentuan tipe data yang tepat (sesuai dengan karakterisitik
data yang akan diolah) akan menjadikan sebuah program dapat dieksekusi secara
efektif.
Jenis-Jenis Tipe Data :
1. Integer
Interger adalah data numerik yang tidak
mengandung pecahan, dan disajikan dalam memori komputer sebagai angka bulat.
Mengacu pada obyek data dengan range -32768 s/d 32767. Operasi yang dapat
dilaksanakan :
·
Penambahan ( + )
·
Pengurangan ( - )
·
Perkalian ( * )
·
Pembagian Integer ( / )
·
Pemangkatan ( ^ )
Operasi diatas
disebut dengan operasi Binar atau arimatic operator yaitu operasi yang bekerja
terhadap 2 Integer ( operand ). Sedangkan operator yang mempunyai satu operand
disebut Unar ( Negasi = Not ). Selain itu ada juga operasi tambahan yang
disediakan oleh bahasa pemrograman tertentu, yaitu :
·
MOD : sisa hasil pembagian bilangan
·
DIV : hasil pembagi bilangan
·
ABS : Mempositifkan bilangan
negative
·
SQR : menghitung nilai akar dari
bilangan Penulisan di dalam bahasa pemrograman Pascal : var a : integer
2. Real
Data numerik yang mengandung pecahan
digolongkan dalam jenis data Real (floating point). Operasi yang berlaku pada
bilangan integer juga berlaku pada bilangan real. Selain itu ada operasi
lainnya seperti :
INT : membulatkan bilangan real ,
misal INT(34.67) = 34
3. Boolean
Type ini dikenal pula sebagai “
Logical Data Types”, digunakan untuk melakukan pengecekan suatu kondisi dalam
suatu program. Elemen datanya hanya ada 2 yaitu True dan False, biasanya dinyatakan
pula sebagai 1 dan 0. Operatornya terdiri dari : AND, OR, NOT. Dalam urutan
operasi, Not mendapat prioritas pertama, kemudian baru AND dan OR kecuali bila
diberi tanda kurung. Sama halnya seperti table logika, Nilai true dan false
dapat juga dihasilkan oleh operator Relational.
Operator tersebut : < , > ,
<= , >= , = , <> , =
Ex. 6 < 12 : True ,
A <>A : False.
4. Karakter dan String
Type karater mempunyai elemen
sebagai berikut :
(0,1,2,3,…,9,A,B,C,…,X,Y,Z,?,*,/,…)
Data type majemuk yang dibentuk dari
karakter disebut STRING. Suatu string adalah barisan hingga simbol yang diambil
dari himpunan karakter yang digunakan untuk membentuk string dinamakan Alfabet.
Contoh : Himpunan string {A,A,1}
dapat berisi antara lain :
(AB1), (A1B), (1AB),…dst.
Termasuk string Null ( empty / hampa
/ kosong ) = { }
Secara umum suatu string S
dinyatakan : S : a1, a2, a3,… an, Panjang dari string dilambangkan S =N atau
Length (S) = N dimana N adalah banyaknya karakter pembentuk string. Untuk
string Null = 0, untuk blank (spasi)=1.
Teori Bilangan
Teori Bilangan adalah suatu cara
untuk mewakili besaran dari suatu item phisik. Sistem bilangan yang paling
banyak dipergunakan oleh manusia adalah sistem bilangan desimal , yaitu sistem
bilangan yang banyak menggunakan10 macam simbol untuk mewakili suatu besaran.
Basis yang digunakan masing-masing sistem bilangan tergantung dari jumlah nilai
bilangan yang dipergunakan.
·
Sistem bilangan desimal dengan basis
10, menggunakan 10 macam simbol bilangan yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9. Nilai
suatu bentuk bilangan desimal dapat berupa integer desimal atau pecahan
desimal. Integer desimal adalah nilai desimal yang bulat. Absolute value
merupakan nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan. Position value (nilsi
posisi) merupakan penimbang atau bobot dari masing-masing digit tergantung dari
letak posisinya yaitu bernilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya.
Contoh: 234,5 = 2x102 + 3×101 + 4×100 + 5×10-1
Artinya : 7 ratusan,2 puluhan,4 satuan.dan 5 sepersepuluhan
·
Sistem bilangan binari dengan 2
basis (binary berarti 2), menggunakan 2 macam simbol bilangan. Bilangan
berbentuk 2 digit angka yaitu 0 dan 1.
Contoh: 101111 = 1×25 + 0×24 + 1×23 + 1×22 + 1×21 + 1×20 = 47
Sehingga (101101)2 = (47)10
·
Sistem bilangan oktal dengan basis 8
(octal berarti 8), menggunakan 8 macam simbol bilangan, yaitu 0,1,2,3,4,5,6 dan
7.
Contoh penjumlahan : 376 (8) + 45 (8) = ……. (8) 11 376 45 ------ + 443 5+6=11,
11/8= 1 sisa 3 1+7+4=12, 12/8= 1 sisa 4 1+3=4
Contoh perkalian : 56 (8) x 43 (8) = ……. (8) 56 43 ------ x 212 3x6=18, 18/8= 2
sisa 2 270 3x5=15+ 2 =17, 17/8=2 sisa 1 ------- + 4x6=24, 24/8= 3 sisa 0 3112
4x5=20+ 3 =23, 23/8=2 sisa 7
·
Sistem bilangan hexadecimal dengan
16 basis ( hexa berari 6 dan deca berarti10), menggunakan 16 macam simbol
bilangan yaitu; 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E dan F. Bentuk nilai suatu
bil.hexa dapat berupa integer hexa (hexa integer) atau pecahan hexa (hexa
fraction) . Integer Hexa adalah nilai hexa yang bulat.
Contoh 152B (16)
artinya : 152B (16) = (1x16 3 ) + (5x16 2 ) +(2x16 1 ) +(Bx16 0 ) = (1x4096) +
(5x256) + (2x16) + (11x1) = 4096 + 1280 + 32 + 11 = 5419 (10).
KONVERSI BILANGAN
1. Konversi Bilangan Biner ke
Desimal
Sistem bilangan desimal/persepuluhan
adalah sistem bilangan yang menggunakan 10 macam angka dari 0,1, sampai 9.
Setelah angka 9, angka berikutnya adalah 1 0, 1 1, dan seterusnya (posisi di
angka 9 diganti dengan angka 0, 1, 2, .. 9 lagi, tetapi angka di depannya
dinaikkan menjadi 1). Sistem bilangan desimal sering dikenal sebagai sistem
bilangan berbasis 10, karena tiap angka desimal menggunakan basis (radix) 10,
seperti yang terlihat dalam contoh berikut:
angka desimal 152 jika diurai lebih detail akan sama dengan 1*102 + 5*101 +
2*100
152 = 1*102 + 5*101 + 2*100
2. Konversi Bilangan bulat Desimal
ke Biner
Konversi bilangan bulat Desimal ke
Biner dilakukan dengan membagi secara berulang-ulang suatu bilangan desimal
dengan 2. Sisa setiap pembagian merupakan bit yang didapat.
Contoh: Konversi 625 Desimal ke Biner.
625 / 2 = 312 sisa 1 (LSB)
312 / 2 = 156 0
156 / 2 = 78 0
78 / 2 = 39 0
39 / 2 = 19 1
19 / 2 = 9 1
9 / 2 = 4 1
4 / 2 = 2 0
2 / 2 = 1 0
1 / 2 = 0 1 (MSB)
Jadi 625des = 1001110001bin
3. Konversi Bilangan Oktal ke
Desimal
Contoh bilangan bulat:
1161okt = 625des
1161okt Berarti :
= 1 X 83 + 1 X 82 + 6 X 81 + 1 X 80
= 512+64+48+1
= 625des
Contoh bilangan pecahan: 13,6okt
= 11,75des 13,6okt Berarti :
= 1 X 81 + 3 X 80 + 6 X 8-1
= 8 + 3 + 0,75
= 11,75des
4. Konversi Bilangan Desimal ke
Oktal
Contoh Bilangan Bulat :
625des = 1161okt
625 / 8 = 78 sisa 1 (LSB)
78 / 8 = 9 6
9 / 8 = 1 1
1 / 8 = 0 1 (MSB)
Contoh Bilangan Pecahan :
0,1des = 0,063….okt
0,1 X 8 = 0,8 sisa 0 (MSB)
0,8 X 8 = 6,4 6
0,4 X 8 = 3,2 3 (LSB)
5. Konversi Bilangan Oktal
Konversi bilangan oktal ke biner
lebih mudah dibandingkan dengan konversi bilangan oktal ke desimal. Satu digit
oktal dikonversi ke 3 bit biner.
Contoh: 1161okt = 001001110001bin
1 1 6 1
001 001 110 001
Contoh: 0,063okt = 0,000110011bin
0 6 3
000 110 011
6. Konversi Bilangan Biner ke Oktal
Contoh Bilangan Bulat:
1001110001bin = 1161okt
001 001 110 001
1 1 6 1
Contoh Bilangan Pecahan: 0,000110011bin = 0,063okt
000 110 011
0 6 3
7. Konversi Bilangan Heksadesimal ke
DesimalContoh:
271heks = 625des
271heks = 2 X 162 + 7 X 161 + 1 X 160
= 512 + 112 + 1 = 625des
0,Cheks = 0,75des
0,C heks = 0 X 160 + 12 X 16-1
= 0 + 0,75
= 0,75des
·
Alur Pemrosesan
Data dan Faktor yang Mempengatuhi Kecepatan Proses Data
Gambar dibawah ini adalah bagan Alur Proses Data pada komputer secara umum :
Berikut penjelasannya :
Keterangan:
Input : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.
Sistem
komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri
mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam
siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input,
proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh
beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage).
Input
Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut
merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan
baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut
dengan input device . Pada komputer, input device ini juga
bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan.
Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah
keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode batang pada transaksi di
supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain sebagainya.
Masukan
yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses
(otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi
tersebut disimpan dalam media penyimpanan. Proses Setiap masukan yang
disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga
dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer.
Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Jika
diolah lebih lanjut, maka data tersebut diolah sesuai dengan ketentuan yang
telah disusun sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan yang telah disusun
ini adalah instruction set.
Instruction
set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses.
Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media
output. Masing-masing akan dikontak oleh pemroses sesuai dengan tugasnya
masing-masing. Pemroses ini hanya berfungsi untuk menjalankan perintah yang
diterimanya dari program. Tindak lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah
menampilkan data terebut ke monitor atau ke printer, maka pemroses akan
mengirimkan lagi hasil olahannya ke media yang dituju.
Dengan
mengirimkan data ke media yang dituju, maka berarti pemroses menyerahkan
tugasnya kepada media tersebut sambil mengirimkan data-data yang diperlukan
oleh media yang dituju serta instruksi yang diminta untuk dilaksanakan oleh
media yang dituju itu tadi. Bus Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada
komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu
proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran
tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang
dihubungkannya.
Pada
sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman
informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi. Program Program
merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu
berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program
ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses.
Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah
diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada
instruction set. Storage Dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh
program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan yang disebut dengan
storage.
Storage
ini berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk
menjalankan fungsi pemroses, baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka
panjang. Pemroses melakukan tugasnya sesuai dengan kendali yang ada pada
program. Proses untuk mengambil data atau menyimpan data pada storage ini
dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan perintah yang diterima pemroses dari
program yang sedang ia jalankan. Output Merupakan aktifitas menerima data dari
hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output
ini, berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu
saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan
terebut disebut dengan output device. Pada komputer contoh output
device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses
diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses
tadi.
Faktor yang mempengaruhi
kecepatan proses :
1. Register
Menyimpan
instruksi selama proses berjalan, ukuran sesuai dengan jumlah data yang dapat
diproses dalam saty waktu (Reg ukuran 32 bit berarti dapat memproses 4 byte
data dalam satuan waktu.
2. RAM
Semakin
besar RAM maka semakin banyak data yang disimpan sehingga akses ke data lebih
cepat (dibandingkan dengan mengakses ke Secondary Storage). Jika ukuran
aplikasi besar dan tidak cukup untuk diload sekalian ke dalam memori maka
dilakukan proses segmentasi dan swapping (pemindahan data dari memory ke
storage).
3. CPU clock
Semakin tinggi
clock CPU maka semakin cepat / semakin banyak perintah yang dapat dieksekusi.
4. Bus / datapath
Menentukan
besarnya data yang dapat ditransmisikan antara CPU dan device yang lain. (
seperti jalan raya).
5. Cache memory
semakin cepat, dan besar cache maka proses akan menjadi
lebih cepat.
Sumber :
https://www.google.co.id/amp/s/www.nesabamedia.com/pengertian-memori/amp/
http://gilang-pribadi.blogspot.com/2012/12/pengertian-peralatan-penyimpanan.html?m=1
http://gtc-komputer.blogspot.com/2013/03/representasi-data.html
Komentar
Posting Komentar